Elektabilitas Perindo Ungguli Partai Parlemen PAN dan PPP

Jum'at, 16 September 2022 - 15:11 WIB
loading...
Elektabilitas Perindo Ungguli Partai Parlemen PAN dan PPP
Partai Perindo masuk dalam sepuluh besar tingkat elektabilitas partai politik bersama dengan partai Parlemen lain berdasarkan hasil survei Polstat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) masuk dalam sepuluh besar tingkat elektabilitas partai politik bersama dengan partai Parlemen lain. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Political Statistics (Polstat).

Peneliti Senior Polstat Zaki Darmawan Sharazani mengatakan terdapat temuan menarik pada survei kali ini. Partai Perindo , kata Zaki, dapat menggungguli partai parlemen seperti PAN dan PPP dalam tingkat elektabilitas.

"Terdapat temuan menarik dalam survei Polstat kali ini, yakni Partai Perindo mampu mengungguli partai-partai parlemen seperti PAN dan PPP dengan elektabilitas 3.7%," kata Zaki saat menyampaikan hasil survei secara daring, Jumat (16/9/2022).



Adapun peringkat pertama diduduki oleh PDI Perjuangan dengan persentase sebesar 22,6%, dan diikuti Partai Gerindra yakni 16,8%, lalu Partai Golkar 10,5%.

"Sebanyak 22,6% responden mengaku akan memilih PDI Perjuangan, kemudian 16,8% mengaku akan memilih Partai Gerindra, disusul Partai Golkar 10,5%, dan Partai Demokrat 10.1%," ucap Zaki.

Sebagai informasi, Survei Polstat dilakukan pada tanggal 1 hingga 10 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, dan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error kurang lebih 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Lalu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40% di perkotaan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)