Elektabilitas Prabowo Duduki Peringkat Satu di Bursa Capres 2024

Jum'at, 16 September 2022 - 15:05 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo...
Survei Political Statistics (Polstat) menyebut Prabowo menduduki peringat satu elektabilitas Capres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Political Statistics (Polstat) merilis hasil survei terbaru tentang 'Efek Ekor Jas (Coat-Tail Effect) Pencapresan Tokoh Sentral Partai Terhadap Elektabilitas Partai Politiknya'.

Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama sebagai calon presiden 2024 dengan elektabilitas tertinggi.

Peneliti Senior Polstat Zaki Darmawan Sharazani mengatakan, Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas paling signifikan. "Hasil survei Polstat menegaskan Prabowo Subianto memiliki tingkat elektabilitas paling signifikan alias tertinggi dibanding tokoh-tokoh lain yang disebut-sebut bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024," kata Zaki saat menyampaikan hasil survei secara daring, Jumat (16/9/2022).



Zaki menyebut, Prabowo mendapatkan persentase elektabilitas sebesar 31,2%, lalu diikuti Ganjar yang menduduki posisi kedua dengan persentase sebesar 19,8%, sedangkan Anies di posisi ketiga dengan jumlah persentase sebanyak 17,5%.



Sebagai informasi, Survei Polstat dilakukan pada 1 hingga 10 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP. Jumlah sampel sebesar 1.200 responden, dan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error kurang lebih 2,83%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Lalu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta 60% tinggal di pedesaan dan 40% di perkotaan.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)