Kuliah Umum di Universitas Borneo Tarakan, TGB Bicara IKN dan 5 Agenda Penting Indonesia

Selasa, 13 September 2022 - 16:54 WIB
loading...
Kuliah Umum di Universitas Borneo Tarakan, TGB Bicara IKN dan 5 Agenda Penting Indonesia
Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), TGB Muhammad Zainul Majdi. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Tokoh nasional Indonesia TGB Muhammad Zainul Majdi memberi materi kuliah umum di Universitas Borneo Tarakan (UBT), Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (13/9/2022).

Kepada ratusan mahasiswa, Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini mengingatkan tentang 5 agenda penting Indonesia.

"5 agenda itu disampaikan Pak Presiden Jokowi saat pidato di hadapan anggota DPR dan DPD 16 Agustus lalu," kata TGB.



Keempat, membantu ekonomi kecil, khususnya UMKM dalam hal digitalisasi produk. Kelima, pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Agenda ini butuh peran dari Ananda semua. Anda sohibul bait yang ada pada masa ini. Ananda semua paling penting dan punya peran," ucapnya.

Ulama Ahli Tafsir Alquran ini menyebutkan, Kaltara merupakan bagian dari IKN Nusantara. Mahasiswa UBT harus menempa diri menyambut IKN.

"Ananda semua adalah wajah Indonesia dari sisi Malaysia. Halaman depan, representasi dari Indonesia," ucapnya.



Kecerdasan mahasiswa UBT, kata TGB akan membawa kepercaya diri dan kemajuan bagi Indonesia. Ia yakin, ke depan dari UBT akan melahirkan generasi-generasi penerus Indonesia.

"Bangun kepercayaan diri Ananda semua dapat memberi yang terbaik bagi Indonesia," pintanya.

TGB menambahkan selama ini kemajuan di Indonesia diidentikan dengan Pulau Jawa. Meski begitu, bukan berarti luar Pulau Jawa tidak dapat maju.

Di antara yang sudah dilakukan adalah dimulainya dengan membenahi pendidikan.

"Terus belajar. Belajar di satu kampus ini nikmat luar biasa, bukan hanya memahami satu mata kuliah," ucap Cucu Pahlawan Nasional TGKH M Zainuddin Abdul Madjid ini.

Peraih Bintang Mahaputra Utama ini melanjutkan, bila kuliah tidak sekadar membuat paham teori. Melalui kuliah para mahasiswa mengerti tradisi keilmuan.

"Kalau (paham teori) tak harus kuliah, bisa baca buku dan internet. Tapi di sini, Anda semua mengerti tradisi keilmuan," pungkasnya.

Kuliah umum yang dimoderatori Nurasikin juga menghadirkan Wakil Rektor III UBT, Jaya Bakri.

Jaya Bakri mengatakan, civitas akademika berupaya menjadikan UBT kampus terbaik di Bumi Kalimantan. Saat ini jumlah mahasiswa di kampus ini mencapai sebanyak 10.000 orang.

"Dibanding kampus negeri lain mungkin jumlah mahasiswa kami dianggap tak banyak. Namun, bila menghitung jumlah penduduk di Kaltara yang hanya 750.000 jiwa, jumlah ini cukup banyak," katanya.

Mahasiswa di kampus ini, sambungnya, sekitar 85 persen diisi oleh anak muda dari Kalimantan, khususnya Kaltara. Sebagai provinsi penyangga IKN Nusantara, peran kampus cukup penting untuk menyiapkan SDM yang unggul.

"Kita ingin SDM dari kampus ini turut mengisi IKN. Kampus ini memiliki tujuh fakultas," imbuhnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)