Miliki Potensi di Sektor Pangan, Din Syamsuddin: Negara Wajib Menyuapi Rakyat

Kamis, 02 Juli 2020 - 15:34 WIB
loading...
Miliki Potensi di Sektor Pangan, Din Syamsuddin: Negara Wajib Menyuapi Rakyat
Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM), Din Syamsudin menyatakan, Indonesia memiliki potensi di sektor pertahanan. Potensi tersebut harus terus didorong agar menjadi pilar ketahanan pangan Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor pertanian harus terus didorong menjadi pilar ketahanan pangan bagi rakyat Indonesia. Terlebih dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) yang masih melanda dunia termasuk Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM), Din Syamsudin dalam sarasehan kebangsaan bertema 'Apakah Indonesia Punya Daya Tahan Pangan Menghadapi Krisis?' yang digelar secara virtual, Kamis (2/7/2020). (Baca juga: Airlangga Anggap Kalteng Tepat untuk Program Ketahanan Pangan)

Din menyatakan, Indonesia yang dikenal dengan negara agraris memiliki potensi cukup baik untuk berdaulat di bidang pangan, khususnya di sektor pertanian. "Maka kewajiban Indonesia menyuapi 270 juta rakyat Indonesia," tutur Din dalam sambutannya. (Baca juga: Program Ketahanan Pangan Di 10 Kabupaten ini Jangan Sampai Kendor)

Din percaya dengan sumber daya alam (SDA) yang terkandung di dalamnya dan sektor pertanian yang mendukung. Menurut dia, sejatinya bangsa Indonesia tidak perlu khawatir menghadapi krisis pangan.

Namun demikian, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menyatakan, dengan kondisi para petani yang belum merasakan keadilan harga maka produksi pertanian menjadi terhambat. Belum lagi hadirnya alat-alat produksi modern yang memicu persaingan di lapangan. "Untuk itu perlu kesadaran bersama semua pihak, terutama pemerintah yang mengelola ini," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)