Mahfud MD Tetap Anggap Motif Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J Tak Penting, Serahkan ke Polisi

Senin, 12 September 2022 - 14:47 WIB
loading...
Mahfud MD Tetap Anggap Motif Ferdy Sambo Bunuh Brigadir J Tak Penting, Serahkan ke Polisi
Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan motif pembunuhan Brigadr J akan terungkap dalam persidangan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan kembali bahwa motif pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J tidak terlalu penting dalam pengungkapan kasus. Semuanya akan terlihat dalam persidangan. Karena itu, Mahfud menyerahkan soal motif pembunuhan kepada Polri.

"Ini laporan Komnas HAM dan Komnas Perempuan tercantum di dalamnya ini adalah hasil laporan yang tidak pro yustisia, oleh sebab itu, ini kita sampaikan aja biar polisi yang mendalami (motif)," kata Mahfud MD kepada wartawan usai menerima laporan rekomendasi Komnas HAM dan Komnas Perempuan di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022).



"Kita serahkan ke polisi yang mengolah itu, dan polisi kan tau yang mana yang harus didalami, mana yang tidak," sambungnya.

Sebenarnya, kata Mahfud, pengungkapan motif tidak harus ada. Yang lebih penting adalah benar atau tidaknya ada pembunuhan terhadap Brigadir J.



"Kalau dari laporan ini juga sudah jelas perencanaan pembunuhan Pasal 340 dan Pasal 338 sehingga Sambo tidak bisa mengelak," ucapnya.

"Nah soal motif itu tidak harus ada, tapi boleh ada juga. Kadang kala kan hakim ingin tahu juga karena motif itu (menunjukkan) apakah pelakunya orang sehat atau orang gila, kan gitu. Sehingga dicari motifnya. Kalau sudah tidak gila sebenarnya cukup, tapi mungkin apakah emosional, atau terencana, dan seterusnya, itu terserah polisi saja," ujar dia.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)