Cegah Kecelakaan Penerbangan, Jenderal Andika Instruksikan TNI Evaluasi Seluruh Pesawat

Minggu, 11 September 2022 - 21:53 WIB
loading...
Cegah Kecelakaan Penerbangan, Jenderal Andika Instruksikan TNI Evaluasi Seluruh Pesawat
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta jajarannya agar melakukan evaluasi terhadap seluruh pesawat milik TNI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta jajarannya agar melakukan evaluasi terhadap seluruh pesawat milik TNI. Hal itu, imbas terjadinya kecelakaan pesawat G-36 Bonanza T-2503 TNI AL yang jatuh di Selat Madura beberapa hari lalu.

"(Evaluasi) Harus, karena kita harusnya meminimalisasi semaksimal mungkin accident ya," ujar Andika di Naval Expo 2022, Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (11/9/2022).

Andika menambahkan, nantinya, TNI juga akan bekerja sama dengan Komite Nasional Kecelakaan Tranportasi (KNKT) guna menunjang transparansi bilamana terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Baca juga: Dua Awak Pesawat TNI AL yang Meninggal Dunia Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

"Oh iya kita akan transparan, sejak insiden juga yang jatuhnya pesawat T-50i AU kita belum lama kan di sekitar Iswahjudi, Madiun, dan sekarang juga itu kita melibatkan KNKT, supaya apa, supaya juga transparan," tuturnya.

Baca juga: Pesawat G-36 Bonanza Tak Punya Black Box, KSAL Segera Investigasi Penyebab Jatuhnya

"Mereka juga punya kesempatan untuk melakukan, membantu investigasi kan itu juga memberikan masukan yang bagus untuk kita. Apa sih kira-kira yang menjadi penyebabnya," sambung Andika.

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono resmi membuka Naval Expo 2022. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI AL yang jatuh pada 10 September 2022.

Kegiatan ini, digelar TNI AL sebagai wujud penghargaan kepada masyarakat dan industri maritim nasional karena kemajuan yang dicapai TNI AL dari berdirinya pada 10 September 1945 yang saat itu bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut.

"Dirgahayu TNI Angkatan Laut yang ke 77 Saya yakin AL semakin profesional dan membanggakan," ujar Andika di kawasan Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1627 seconds (10.177#12.26)