4 Jenderal Polisi Termuda Sepanjang Sejarah Polri, Nomor Terakhir Kalahkan Tito Karnavian

Jum'at, 09 September 2022 - 18:09 WIB
loading...
4 Jenderal Polisi Termuda Sepanjang Sejarah Polri, Nomor Terakhir Kalahkan Tito Karnavian
Jenderal polisi merupakan jajaran tertinggi dalam susunan pangkat di Polri yang termasuk dalam golongan perwira. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jenderal polisi merupakan jajaran tertinggi dalam susunan pangkat di Polri yang termasuk dalam golongan perwira . Dilansir dari Humas Polri, Golongan perwira ini mulai dari Brigjen, Irjen, Komjen hingga yang paling tinggi Jenderal Polisi.

Pangkat ini juga berpengaruh terhadap jabatan yang diemban nantinya, semakin tinggi pangkat akan semakin tinggi pula jabatan. Contohnya saja seperti hanya seorang Jenderal Polisi yang akan menjadi Kapolri .

Baca juga : Penjelasan Singkat Pangkat Polisi, Dari Bharada hingga Jenderal

Menyandang pangkat jenderal di Polri tandanya seorang anggota polisi telah mencapai titik tertinggi dalam perjalanan karirnya.

Terlebih bila pangkat jenderal polisi ini disandang di kala usia yang terbilang muda. Karena sebuah pangkat akan didapatkan bila memiliki berbagai prestasi yang menopangnya.

Berikut ini empat Jenderal Polisi termuda sepanjang sejarah Polri :

1. Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan

Purnawirawan polisi kelahiran 11 Desember 1959 ini sempat tercatat sebagai Jenderal termuda di Polri. Ketika itu dia mendapatkan pangkat Brigadir Jenderal ketika Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) Mabes Polri.

Kala itu Budi masih berusia 45 tahun. Dia juga merupakan lulusan Akpol tahun 1983. Ketika masih aktif dalam bertugas dia pernah menjadi Ajudan Megawati Soekarno Putri yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden.

Sebelum pensiun dia sempat dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah Jenderal ini batal menjadi Kapolri di tahun 2016.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2107 seconds (11.210#12.26)