Luncurkan Buku Visioning Indonesia, Cak Imin Siapkan Visi Pilpres 2024

Rabu, 07 September 2022 - 20:24 WIB
loading...
Luncurkan Buku Visioning Indonesia, Cak Imin Siapkan Visi Pilpres 2024
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar meluncurkan buku berjudul Visioning Indonesia: Arah Kebijakan dan Peta Jalan Kesejahteraan, Rabu (7/9/2022). FOTO/SINDOnews/KISWONDARI.
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar meluncurkan buku berjudul Visioning Indonesia: Arah Kebijakan dan Peta Jalan Kesejahteraan. Buku karya Cak Imin ini berisi tentang politik kesejahteraan.

"Ini serial buku saya tentang politik kesejahteraan. Buku ini serial yang kedua yang insyaAllah ada serial yang ketiga dan keempat," kata Muhaimin kepada wartawan di The Dome Senayan Park, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Peluncuran buku Visioning Indonesia juga menghadirkan beberapa narasumber yakni pakar konstitusi Yudi Latif, Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari, pengamat politik Rocky Gerung, presenter Najwa Shihab, dan ekonom Faisal Basri. Menurut Cak Imin, para narasumber mengelaborasi sekaligus memperkaya khazanah tujuan kesejahteraan yang harus terus didengungkan.

"Agar kesenjangan antara cita-cita keadilan sosial yang normatif, tingkat kesejahteraan ini tidak senjang dengan apa yang menjadi realitas. Hari ini kita masih punya banyak pekerjaan," ujarnya.

Cak Imin mengatakan, persoalan kesejahteraan bukan salah siapa-siapa. Sebab yang salah adalah realitas, sehingga dalam pelaksanaannya melaksanakan tujuan kesejahteraan diperlukan konsistensi.

"Kalau bahasa saya, istiqomah, misalnya negara harus menjadi pelindung kekuataan pasar, dari kekuatan masyarakat dari pasar. Negara juga harus menjadi pemberdaya masyarakat menghadapi pasar," katanya.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra ini menguraikan, tata kelola pasar juga harus dirombak agar Indonesia menjadi negara yang maju. "Karena itu saya ingin pengkayaan melalui launching hari ini bisa menjadi inspirasi semuanya. Terutama saya sebagai politisi, anak buah saya di kabinet dan di legislatif," katanya.

Saat ditanyakan apakah ini merupakan bayangan dari visi dalam Pilpres 2024, Cak Imin membenarkannya. Visi yang ia tuliskan di buku ini menjadi salah satu dari rangkaian politik kesejahteraan yang ia usung.

"Ini salah satu dari rangkaian politik kesejahteraan yang memang saya usung bener. Jadi politik kebijakan yang konsisten terhadap Pasal 33 Undang-Undang Dasar, bahwa rakyat harus punya aset, rakyat harus mendapatkan modal berproduksi," katanya.

Apakah hal tersebut akan menjadi visi politik di 2024, Cak Imin menjawab, "Bisa jadi (visi politik), salah satunya," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)