Pesawat Bonanza TNI AL yang Jatuh Didesain Tanpa Kursi Lontar

Rabu, 07 September 2022 - 18:15 WIB
loading...
Pesawat Bonanza TNI AL yang Jatuh Didesain Tanpa Kursi Lontar
Danpuspenerbal Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan mengatakan pesawat G-36 Bonanza milik TNI AL yang jatuh di Selat Madura tidak dilengkapi kursi lontar. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan mengatakan pesawat G-36 Bonanza milik TNI AL yang jatuh di Selat Madura tidak dilengkapi kursi lontar. Tidak adanya kursi lontar merupakan desain awal dari pembuatan pesawat tersebut.

"Jenis pesawat Bonanza ini memang pesawat latih yang juga sebagai pesawat transport atau Pesawat ringan yang tidak dilengkapi kursi lontar. Sehingga memang secara desain tidak dilengkapi kursi lontar," kata Dwika, Rabu (7/9/2022).

Dwika menjelaskan, pesawat yang sedang menggelar latihan antiserangan udara itu mengangkut dua awak yaitu pilot Letnan Satu (P) Yudhistira Eka Parmadi dan Copilot Letnan Dua (P) Dendi Kresna Bhakti. Perkembangan terakhir pun dugaan lokasi pesawat jatuh telah ditemukan dari gambar sonar yang ditangkap



"Saat ini tim masih terus mencari di lokasi tempat jatuhnya pesawat latih kami dan sampai dengan sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik di mana jatuhnya pesawat itu yang diduga adalah rangka pesawat yang saat ini masih proses untuk melaksanakan penyelaman," jelasnya.


Namun, dirinya belum memastikan bagaimana kondisi dua awak pesawat tersebut. Hingga kini gambar sonar yang diterima pun belum bisa menampilkan adanya awak pesawat.

"Jadi kembali saya sampaikan bahwa hasil yang dilihat dari layar monitor sonar adalah bentukan hanya siluet pesawat. Jadi Kita tidak bisa detail melihat apakah masih ada kru kondisi seperti apa memang tidak terlihat karena itu bentuknya hanya siluet," tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)