Pemimpin Agama Terkemuka dari Seluruh Dunia Akan Berkumpul Hadiri Forum R20 di Bali

Rabu, 07 September 2022 - 12:49 WIB
loading...
Pemimpin Agama Terkemuka dari Seluruh Dunia Akan Berkumpul Hadiri Forum R20 di Bali
Sekjen Liga Muslim Dunia Syaikh Muhammad al-Issa menerima kunjungan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Tsaquf dan Menteri Agama Yaqut Cholil Chaumas. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Para pemimpin agama terkemuka dari seluruh dunia akan berkumpul di Indonesia pada November 2022 untuk melaksanakan Konferensi Spiritual yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Tujuan konferensi ini untuk memastikan bahwa agama bisa berperan sebagai solusi masalah global, bukan menjadi bagian dari masalah global.

Menjadi tuan rumah R20 yang pertama, PBNU menggandeng Liga Muslim Dunia (Rabithah Al-a'lam al-Islami), organisasi yang berkantor pusat di Makkah, Arab Saudi, sebagai penyelenggara bersama (co-host). Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Dr Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa akan menjabat sebagai ketua bersama (co-chair) R20.

"Bekerja bersama Nahdlatul Ulama, yang memiliki sekitar 120 juta anggota dan berbagi cita-cita yang sama dengan Liga Muslim Dunia, akan memperkuat misi kami. Kemitraan dengan Nahdlatul Ulama ini akan berjalan sebagai platform yang luar biasa untuk dialog yang akan memperkuat dan memperluas misi mulia Liga Muslim Dunia," kata Syekh Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa dalam keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

R20 akan mengumpulkan dan memobilisasi para pimpinan agama dari negara-negara anggota G20 dan beberapa negara lain. The Center for Shared Civilizational Values (CSCV) berfungsi sebagai Sekretariat Permanen R20.

R20 akan diakhiri dengan komunike bersama yang menguraikan langkah selanjutnya dalam pengembangan Forum Agama G20. R20 berikutnya diselenggarakan di India pada 2023 dan Brasil pada 2024. Dari 2022 hingga 2024, Indonesia, India, dan Brasil rumah bagi populasi Muslim, Hindu, dan Katolik terbesar di dunia berturut-turut menjabat kepresidenan G20 dan dengan demikian menjadi tuan rumah R20. R20 tahun ini akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan berpidato dalam acara pembukaan Konferensi Spiritual pada 2 November 2022. Pembicara lain adalah Rais Aam PBNU 2014-2015 KH A Mustofa Bisri; Uskup Thomas Schirrmacher, Sekretaris Jenderal Aliansi Injili Dunia; serta Prof Mary Ann Glendon, guru besar emeritus ilmu hukum di Harvard Law School, dan mantan Duta Besar AS untuk Takhta Suci Vatikan. Lebih dari 200 pimpinan agama dan politik terkemuka dari Indonesia dan seluruh juga telah mengonfirmasi kehadiran mereka.

Tema dan isu utama yang akan dikaji pada R20 adalah Kepedihan Sejarah, Pengungkapan Kebenaran, Rekonsiliasi, dan Pengampunan; Mengidentifikasi dan Merangkul Nilai-nilai Mulia yang Bersumber dari Agama dan Peradaban Besar Dunia; Rekontekstualisasi Ajaran Agama yang Usang dan Bermasalah; Mengidentifikasi Nilai-nilai yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan dan Menjamin Koeksistensi Damai; dan Ekologi Spiritual.

"Melalui forum R20, kami berharap dapat memfasilitasi munculnya sebuah gerakan global. Forum Agama G20 ini akan mengundang orang-orang dengan niat baik dari setiap agama dan bangsa untuk membawa struktur kekuatan geopolitik dan ekonomi dunia selaras dengan nilai-nilai moral dan spiritual tertinggi, demi seluruh umat manusia," kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang juga inisiator Forum R20.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)