5 Pahlawan Kemerdekaan yang Berasal dari Papua, Salah Satunya Ada di Uang Rp10.000

Selasa, 06 September 2022 - 11:55 WIB
loading...
5 Pahlawan Kemerdekaan yang Berasal dari Papua, Salah Satunya Ada di Uang Rp10.000
Sedikitnya ada lima pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Papua. Foto Dok Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima pahlawan kemerdekaan yang berasal dari Papua . Bahkan salah satunya terpampang jelas dalam lembaran uang kertas Rp10.000.

Pahlawan nasional merupakan sosok berjasa untuk tercapainya kemerdekaan Indonesia. Mereka berjuang di berbagai wilayah termasuk juga di tanah Papua.

Baca juga : Mengenang 4 Pahlawan Nasional dari Tanah Papua

Berikut lima pahlawan kemerdekaan yang berasal dari papua dilansir dari berbagai sumber :

1. Johannes Abraham Dimara

Johannes Abraham Dimara lahir pada 16 April 1916 di Korem, Biak Utara. Mayor TNI ini sempat ikut serta dalam memperjuangkan pengembalian wilayah Irian Barat ke tangan RI.

Berkat usahanya ini dia sempat diangkat menjadi ketua Organisasi Pembebasan Irian Barat (OPI). Johannes juga sempat tertangkap oleh Belanda yang kemudian dibebaskan pada tahun 1960.

Ketika operasi Trikora terbentuk dalam rangka pengembalian Irian Barat, Johannes sempat menjadi delegasi Indonesia bersama Menteri Luar Negeri.

Pahlawan asal Papua ini tutup usia pada 20 Oktober 2000. Berkat kontribusinya dia mendapat penghargaan dari pemerintah berupa Satya Lencana Perang Kemerdekaan Kesatuan dan Satyalancana Bhakti dan dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional pada tahun 2011.

2. Frans Kaisiepo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)