Jelang Pemilu 2024, Tingkat Popularitas Prabowo Subianto Hampir 100%

Senin, 05 September 2022 - 15:12 WIB
loading...
Jelang Pemilu 2024, Tingkat Popularitas Prabowo Subianto Hampir 100%
Jelang Pemilu 2024, Menhan Prabowo Subianto menempati ranking tertinggi popularitas di antara kandidat lainnya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil riset terbaru tentang Dinamika Perilaku Memilih Capres dan Parpol Jelang Pemilu 2024 serta Persepsi dan Sikap Publik Terhadap Berbagai Isu Nasional yang Sedang Trending.

Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menempati ranking tertinggi popularitas di antara sejumlah nama capres yang beredar saat ini.

"Kepada responden kami sebutkan nama-nama tokoh nasional, kemudian kami tanyakan apakah mereka mengenal atau minimal pernah mendengar nama tokoh tersebut atau tidak (tingkat popularitas tokoh)," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry, Senin (5/9/2022).



Bahkan, tingkat popularitas Prabowo hampir mencapai 100% di atas tokoh lain yang pernah menjadi kontestan dalam pilpres maupun pilkada. "Tingkat popularitas Prabowo Subianto sebesar 97,6%, unggul di atas tokoh-tokoh lain," ucapnya.



Sementara itu, Gema mengatakan, posisi kedua setelah Prabowo diduduki oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan persentase sebesar 92,5%, dan di urutan ketiga ada Ridwan Kamil dengan angka popularitas sebesar 92,2%.

"Tokoh-tokoh yang pernah menjadi kontestan dalam Pilpres maupun Pilkada Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno, Popularitasnya cenderung lebih tinggi daripada tokoh-tokoh yang belum pernah menjadi kontestan pemilu sama sekali," ucap Gema.

Sebagai informasi, survei LSN dilaksanakan pada 29 Agustus sampai dengan 2 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta minimal berusia 17 tahun dan memiliki KTP. Jumlah sampel sebesar 1.230 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara systematic random sampling.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurvey) yang dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan panduan kuesioner demgan ambang kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,79%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)