Profil Kolonel Inf Faisol Izuddin, Perisai Hidup Jokowi yang Kenyang Pengalaman di Paspampres

Minggu, 04 September 2022 - 09:10 WIB
loading...
Profil Kolonel Inf Faisol Izuddin, Perisai Hidup Jokowi yang Kenyang Pengalaman di Paspampres
Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi resmi diangkat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Komandan Grup (Dangrup) A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi resmi diangkat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Komandan Grup (Dangrup) A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) . Faisol akan menggantikan posisi Kolonel Inf Anan Nurakhman yang dimutasi menjadi Danrem 074/Warastratama, Surakarta, Kodam IV/Diponegoro, Jawa Tengah.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/819/VIII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Minggu (4/9/2022).

Grup A Paspampres merupakan Pasukan Pengamanan Presiden yang bermarkas di Jakarta dengan kekuatan empat detasemen. Grup A memiliki tugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta keluarganya.

Seperti apa sepak terjang Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi di dalam dunia militer? Berdasarkan data Sekretariat Presiden, Faisol merupakan lulusan Akademi Militer 1999 dan berasal dari kecabangan Infanteri.

Bagi Faisol bertugas di lingkungan Istana bukan hal yang baru. Pria kelahiran Gresik, 22 April 1977 tersebut sebelumnya pernah bertugas sebagai perisai hidup Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Faisol pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen Pampri. Kemudian, dia juga ditunjuk menjadi Komandan Detasemen 1 Grup A Paspampres.

Berpindah dari Paspampres, Faisol dipercaya menjabat sebagai Dandim 95/06 Tangerang pada 2018 hingga 2019. Baru setahun menjabat Dandim, dia kembali ke Paspampres dengan menjabat sebagai Waasops Danpaspampres pada periode 2019-2020.

Pada 2020-2021, Faisol selanjutnya menduduki jabatan sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari yang bermarkas di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Digeser dari Papua, Faisol lalu dipercaya mengemban amanah sebagai Dandim 0410/KBL Bandar Lampung sebelum akhirnya ditarik kembali ke Paspampres menjadi Dangrup A.

Selain itu, Faisol juga pernah terpilih sebagai Komandan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT ke-76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). Faisol bertugas bersama dengan Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)