Ini Arti dan Makna Lambang Kopassus, Pasukan Elite TNI yang Disegani di Dunia

Minggu, 04 September 2022 - 05:07 WIB
loading...
Ini Arti dan Makna Lambang Kopassus, Pasukan Elite TNI yang Disegani di Dunia
Lambang Kopassus Tribuana Tribuana Chandraca Satya Dharma. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kopassus merupakan pasukan elite yang disegani di dunia. Pasukan ini dibentuk pada 16 April 1952 oleh Panglima Tentara Territorium III/Siliwangi Kolonel AE Kawilarang atas gagasan Letkol Slamet Riyadi.

Pasukan dengan ciri khas baret merah dan seragam loreng darah mengalir ini memiliki kemampuan khusus yang mematikan dan mampu bergerak cepat dan senyap di setiap medan.

Spesifikasi Kopassus antara lain antigerilya, operasi pengintaian khusus, peperangan unkonvensional, intelijen, sabotase, dan anti-teror. Pasukan ini memiliki slogan, “Lebih Baik Pulang Nama Daripada Gagal di Medan Laga”

Baca juga: 4 Operasi Militer yang Pernah dilakukan Kopassus dalam Sejarah Indonesia

Berdasarkan informasi resmi dari laman resmi Kopassus dan buku berjudul “Kopassus untuk Indonesia”, pasukan Korps Baret Merah ini memiliki motto “Berani, Benar, Berhasil” dan memiliki lambang atau logo yang menggambarkan Komando. "Lambang tersebut tertera di Pataka Kopassus maupun emblem di Baret Merah," dikutip SINDOnews, Minggu (4/9/2022).

Baca juga: Kesal dengan Komandannya, Legenda Kopassus Ini Todongkan Senjata ke Wajah LB Moerdani

Berdasarkan sejarah, lambang Kopassus dirancang oleh Letda Inf Dodo Sukanto pada 1955 yang saat itu menjabat perwira Biro Pengajaran. Dia dibantu juru gambar Sersan Hasan.

Ini Arti dan Makna Lambang Kopassus, Pasukan Elite TNI yang Disegani di Dunia


Lambang memadukan unsur Komando berupa, pisau komando. Kemudian jangkar yang menggambarkan unsur laut atau air dan sepasang sayap yang menggambarkan unsur udara. Ketiga unsure tersebut dibingkai oleh tali komando berwarna kuning keemasan.

Berikut ini elemen di Lambang Kopassus:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1561 seconds (11.252#12.26)