4 Operasi Militer yang Pernah dilakukan Kopassus dalam Sejarah Indonesia

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:52 WIB
loading...
4 Operasi Militer yang Pernah dilakukan Kopassus dalam Sejarah Indonesia
Kopassus dikenal telah melakukan cukup banyak operasi militer yang sangat berbahaya. Foto DOK penerangan kopassus
A A A
JAKARTA - Kopassus dikenal telah melakukan cukup banyak operasi militer yang sangat berbahaya. Untuk diketahui, Komando Pasukan Khusus atau Kopassus merupakan salah satu pasukan elite yang dimiliki TNI Angkatan Darat (AD).

Melihat dari sejarahnya, Korps Baret Merah sudah banyak menorehkan prestasi dan keberhasilan misi yang dijalankannya. Sebagai contoh, saat masih bernama RPKAD, kala itu pasukan ini berhasil menumpas Gerakan 30 September PKI.

Baca juga : Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Raih Brevet Anti-Teror dari Sat-81 Kopassus

Selain itu, masih banyak jejak keberhasilan Kopassus yang jarang diketahui karena sifat misinya yang memang rahasia. Berikut empat operasi militer yang pernah dilakukan Kopassus dalam sejarah Indonesia.

1. Operasi Mapenduma

Dalam riwayatnya, Kopassus pernah beberapa kali mencatatkan keberhasilan dalam misinya di Papua. Salah satu diantaranya adalah misi bertajuk Operasi Mapenduma.

Adapun tujuan dari operasi militer ini untuk membebaskan sandera Ekspedisi Lorentz 95 yang sempat ditahan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Kelly Kwalik di Desa Mapenduma, Kecamatan Tiom, Jayawijaya.

Kala itu, misi pembebasan ini dipimpin Danjen Kopassus Brigjen TNI Prabowo Subianto. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, pada 9 Mei 1996 beberapa anggota satuan elite Kopassus menyerang sarang OPM yang berada di Desa Geselama.

Operasi ini pada akhirnya mengakhiri drama penyanderaan selama 130 hari. Sekitar 9 sandera berhasil dibebaskan serta ada dua yang ditemukan meninggal. Mereka adalah Matheis Yosias Lasembu dan Navy W Th Panekenan.

2. Operasi Woyla
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)