Ini Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua

Jum'at, 02 September 2022 - 17:58 WIB
loading...
Ini Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua
Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. Foto DOK Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI dalam sejarahnya telah menyelenggarakan sidang pertama dan kedua terkait dengan persiapan kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Jepang membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI pada 29 April 1945 dalam rangka mendukung Indonesia. Pembentukan tersebut diawaki oleh sejumlah tokoh Indonesia demi terbentuknya dasar negara yang sesuai dengan sistem pemerintahan.

Baca juga : BPUPKI, Sejarah dan Tujuan Pembentukannya

Dua sidang yang dilakukan oleh BPUPKI diselenggarakan pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 dan 10 sampai 17 Juli 1945.

Sidang BPUPKI Pertama

Sidang BPUPKI pertama diselenggarakan pada 29 Mei 1945 dipimpin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat, selaku ketua BPUPKI.

Sidang pertama ini membahas rumusan dasar negara Indonesia. Selama berjalannya sidang pada 29 April hingga 1 Juni terdapat tiga tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara ini. Tiga tokoh ini yaitu M. Yamin, Mr. Soepomo dan Ir Soekarno.

Akhirnya pada tanggal 1 Juni 1945, penyampaian pidato terkait lahirnya dasar negara Indonesia yaitu Pancasila dibacakan oleh Ir Soekarno.

Meskipun begitu dalam tiga hari sidang ini belumlah mencapai kesepakatan. Sehingga dibentuklah panitia sembilan yang diambil dari beberapa anggota BPUPKI untuk merumuskan dasar negara yang telah disampaikan pada sidang pertama.

Nantinya rumusan dasar negara tersebut akan dibawa ke dalam rumusan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter pada tanggal 22 Juni 1945.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)