Pupuk Kaltim Tanam 3.000 Pohon di Area Latihan Kostrad

Jum'at, 02 September 2022 - 14:30 WIB
loading...
Pupuk Kaltim Tanam 3.000 Pohon di Area Latihan Kostrad
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama Dirut Utama PT Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi saat penanaman pohon di area latihan Kostrad di Cibenda, Sukabumi, Jabar, Jumat (2/9/2022). FOTO/MPI/R RATNA PURNAMA
A A A
SUKABUMI - Lahan area latihan prajurit Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ( Kostrad ) yang berada di Cibenda, Sukabumi, Jawa Barat ditanami beragam jenis tanaman. Total ada sekitar 3.000 pohon ditanam yang merupakan bantuan dari PT Pupuk Kalimantan Timur.

Sebagai tahap awal, 3.000 pohon yang terdiri dari mangga, nangka, durian, alpukat, sirsak, matoa, bisbul, menteng, dan gandaria ditanam di area seluas 10 hektare. Penanaman pohon ini akan terus dilanjutkan hingga 200 hektare dengan jumlah 60.000 pohon.

Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan program Community Forest yang digagas Pupuk Kaltim. Menurutnya, penanaman pohon ini merupakan bentuk nyata TNI dan Pupuk Kaltim berkontribusi langsung mengurangi emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab utama perubahan iklim.



"Kami dari TNI nantinya akan terus bersinergi bersama Pupuk Kaltim menyediakan lahan sebanyak mungkin untuk bisa ditanami pohon. Diawali dari Lapangan Latihan Kostrad ini, semoga nantinya bisa bermanfaat tidak hanya untuk TNI tapi juga untuk masyarakat sekitar," kata Pangkostrad dalam keterangan tertulis, Jumat (2/9/2022).

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi menjelaskan, penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Community Forest sebagai langkah nyata perusahaan menerapkan environment, social, and governance (ESG). Targetnya, sebanyak 10 juta pohon ditanam hingga 2030 nanti.

"Nantinya, program ini diharapkan dapat berkontribusi pada potensi penyerapan emisi karbon sebesar 5.379 ton CO2 per tahun," kata Rahmad Pribadi.

Baca juga: Rayakan HUT Kemerdekaan Indonesia, Divisi 1 Kostrad Bersama Gravel Gelar Lomba Tembak

Selain penyerapan emisi karbon, Community Forest ini juga ditargetkan untuk perlindungan keanekaragaman hayati, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi penanaman, dan memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif. Selain penanaman pohon, ke depannya Pupuk Kaltim tetap akan mendampingi masyarakat sekitar lahan penanaman untuk bisa mengolah, memelihara hingga mendistribusikan hasil panennya. Upaya ini akan difasilitasi oleh program lainnya yakni AgroSol dengan melakukan tumpangsari tanaman pangan di sekitar lahan Community Forest.

"Diawali kerja sama yang baik antara Pupuk Kaltim dengan Kostrad ini, semoga ke depan bisa menjadi tolok ukur yang baik bagi kedua belah pihak untuk melestarikan lingkungan," katanya.

Program Community Forest adalah bentuk inovasi berkelanjutan demi mencapai target pengurangan emisi karbon (dekarbonisasi). Harapannya, Pupuk Kaltim bisa mencapai target pengurangan emisi karbon hingga 32,50% pada 2030.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)