Mutasi TNI, Kolonel Pnb. Adrian P Damanik Diangkat Jadi Danlanud Halim Perdanakusuma

Kamis, 01 September 2022 - 18:54 WIB
loading...
Mutasi TNI, Kolonel Pnb. Adrian P Damanik Diangkat Jadi Danlanud Halim Perdanakusuma
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengangkat Kolonel Pnb. Adrian P Damanik sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rotasi besar-besaran kembali terjadi di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggeser sejumlah Perwira Tinggi (Pati) untuk menempati posisi dan jabatan baru.

Kebijakan mutasi tersebut tercantum dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/818/VII/2022 tentang Pemberhentian Dari Dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam surat keputusan yang ditetapkan Panglima TNI pada 29 Agustus 2022, total ada 109 Pati TNI dari tiga matra baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) yang dimutasi Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca juga: Mutasi Pati TNI, Laksma Kisdiyanto Ditunjuk Jadi Kapuspen TNI

Salah satu Pati TNI yang dimutasi adalah Marsekal Pertama (Marsma) TNI Bambang Gunarto. Danlanud Halim Perdanakusuma ini mendapat promosi jabatan menjadi Pangkoopsud I menggantikan Marsda TNI Tedi Rizalihadi yang dimutasi sebagai Kas Koopsudnas.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Tunjuk Laksda TNI Heru Kusmanto sebagai Pangkoarmada RI

Jabatan Danlanud Halim Perdanakusuma yang kosong selanjutnya akan diisi oleh Kolonel Pnb. Adrian P Damanik yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kapuskodal Koopsudnas. “Kolonel Pnb. Adrian P Damanik jabatan lama Kapuskodal Koopsudnas, jabatan baru Danlanud Hlm (Halim Perdanakusuma),” dikutip SINDOnews, Kamis (1/9/2022).

Mengemban tugas baru sebagai orang nomor satu di Halim Perdanakusuma bukan hal baru bagi Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1995. Sebab, pria kelahiran Pemantang Siantar, Sumatera Utara 13 April 1972 ini pernah menjabat sebagai Kadispers Lanud Halim, kemudian Kadisops Lanud Halim Perdanakusuma pada periode 2016-2017 dan Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim 2017-2018.

Tidak hanya itu, lulusan U.S. Air War College, Amerika Serikat ini juga pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di antaranya, Kasubdis Laikkualpers Dislambangjaau dan Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo periode 2019—2020.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2663 seconds (11.210#12.26)