Gugus Tugas Rilis Sistem Integrasi Data Covid-19

Senin, 27 April 2020 - 12:33 WIB
loading...
Gugus Tugas Rilis Sistem Integrasi Data Covid-19
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 merilis sistem informasi terintegrasi satu data dalam rangka percepatan pencatatan dan penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Sistem ini kami sebut sebagai Bersatu Melawan Covid. Ini adalah sebuah sistem informasi terintegrasi untuk meningkatkan percepatan pencatatan data dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 atau di seluruh Indonesia," ungkap Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (27/4/2020).

Kata Wiku, dengan sistem ini dapat menjadi suatu bentuk untuk menjaga keterbukaan data dan informasi untuk masyarakat dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan Covid-19 di seluruh Indonesia.

Wiku menjelaskan, dengan adanya keterbukaan informasi ini, masyarakat dapat menjadi lebih waspada dan bisa bersama-sama dengan tetap tenang dalam menghadapi pandemi ini. "Selain itu diharapkan dengan informasi yang tersedia kita dapat menumbuhkan kesadaran bersama untuk menjaga diri sendiri, menjaga orang lain dalam semangat gotong royong," jelasnya. ( ).

Wiku berharap dalam beberapa hari ke depan kualitasnya akan semakin meningkat, sehingga kualitas datanya juga semakin baik. "Kami ingin menjelaskan bahwa data yang makin terbuka tidak berarti langsung sempurna, karena besarnya masalah di Indonesia, masalah komunikasi, kerja sama lintas sektor, itu selalu menjadi tantangan kita bersama," katanya.

Menurut Wiku,pihaknya terus menyempurnakan sistem dan komponennya yang dapat diakses pada hari ke depan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara terbuka dan transparan. "Terima kasih atas kerja sama dari seluruh pihak yang terkait," kata Wiku.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)