Wapres Ma'ruf Amin Resmi Buka Munas I Japnas

Rabu, 24 Agustus 2022 - 23:03 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Resmi Buka Munas I Japnas
Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin di Istana Wapres pada Rabu 24 Agustus 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres pada Rabu 24 Agustus 2022.

Pada Opening Ceremony yang dihadiri oleh para pengurus pusat dan daerah serta perwakilan anggota Japnas turut memberikan sambutannya selain Wapres adalah Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dan Ketua Umum PP Japnas Bayu Priawan Djokosoetono.

Dalam sambutannya, Wapresmenyampaikan peran penting pengusaha termasuk yang tergabung dalam Japnas di tengah kondisi perekonomian global saat ini yang turut mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Wapres menyampaikan saat ini banyak negara tengahmengalami transisi politik dan pemulihan ekonomi. Tren pemulihan diprediksi akan berlanjut didukung peningkatan mobilitas masyarakat, sumber pembiayaan dan tentunya adalah aktivitas dunia usaha serta optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi.

"Beberapa bulan terakhir tren ini juga ditopang oleh ekspektasi akan ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha artinya peran pelaku usaha dalam menggerakkan roda ekonomi dan mempercepat pemulihan bangsa ini sangat nyata," ujar Wapres.

Lebih lanjut, kata Wapres, pemerintah memahami dan terus berupaya menciptakan ekosistem dunia usaha agar tetap kondusif dan mampu bertumbuh dengan difasilitasi berbagai akses kemudahan perizinan serta dukungan kebijakan insentif sebagai stimulus bagi para pengusaha.

"Dan momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi harus dimanfaatkan untuk melakukan percepatan transformasi digital. Nilai ekonomi digital Indonesia saat ini yang tertinggi di Asia Tenggara bahkan 40% pangsa pasar ekonomi digital ada di Indonesia. Kita tidak ingin sekadar menonton pelaku usaha dari luar yang meraup keuntungannya. Sebagaimana tema Munas Japnas kali ini kita ingin bersama bangkit bergerak dan bersinergi mewujudkan raksasa ekonomi baru menuju Indonesia Emas," beber Wapres.

Untuk itu beberapa hal yang diitekankan kepada Japnas di seluruh Indonesia. Di antaranya soal potensi ekonomi digital di seluruh sektor karena digitalisasi mendorong kita untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam berbagai sektor usaha.

Selain sektor potensi ekonomi digital, di bidang pertanian, kesehatan, pendidikan pariwisata industri kreatif dan lainnya juga harus terus dikembangkan. Selain itu Japnas didorong untuk terus melakukan inovasi-inovasi guna menciptakan bisnis yang berdaya saing di tingkat regional dan global.

"Akselerasi Inovasi dan identifikasi perlu diikuti dengan literasi data yang baik sebab keputusan bisnis berbasis data akan meningkatkan kualitas proses bisnis dari hulu hingga hilir ke konsumen dengan tetap memperhatikan koridor perlindungan data," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)