Indikasi Bakal Lolos Threshold, Survei: Partai Perindo Tuai Sentimen Positif Netizen Lampaui Parpol Senayan

Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:43 WIB
loading...
Indikasi Bakal Lolos Threshold, Survei: Partai Perindo Tuai Sentimen Positif Netizen Lampaui Parpol Senayan
Partai Perindo menuai sentimen positif dari warganet, bahkan di atas sejumlah parpol Senayan. Hal ini merujuk hasil survei terbaru yang dirilis MIPOS. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menuai sentimen positif dari warganet, bahkan di atas sejumlah parpol Senayan. Hal ini merujuk hasil survei terbaru yang dirilis Merdeka Institute Public Opinian Survey (MIPOS).

Hasil survei tersebut mengindikasikan Partai Perindo semakin diterima publik dan berpeluang menembus parliamentary threshold (PT) 4 persen.



Dia menjelaskan, pencapaian Partai Perindo ini merupakan indikasi bahwa publik semakin menerima keberadaan partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo tersebut.

Partai Perindo juga diprediksi memiliki peluang besar untuk lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. "Ini merupakan indikasi bahwa Partai Perindo semakin diterima oleh publik luas, sehingga berpeluang besar menembus parliamentary threshold sebesar 4%," katanya.

Diketahui, survei MIPOS menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet dalam bentuk teks.

Metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD). Dataset dalam riset diperoleh pada 9-20 Agustus 2022.



Penentuan periode riset ini didasarkan pada dua event besar dalam panggung politik nasional yang terjadi sebelumnya, yakni deklarasi kesiapan Prabowo Subianto maju sebagai capres 2024 dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Berdasarkan survei kali ini, terdapat 10 besar partai politik dengan sentimen positif. Berikut daftar partai tersebut:

Partai Gerindra 24,39%
PKB 21,22%
Partai Golkar 15,42%
PKS 14,13%
Partai Demokrat 12,90%
Partai Perindo 11,81%
Partai Nasdem 10,64%
PDI Perjuangan 10,18%
PAN 8,34%
PPP 7,18%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)