Kasus Pertama Cacar Monyet Ditemukan di Indonesia, Jokowi Minta Masyarakat Tak Khawatir

Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:46 WIB
loading...
Kasus Pertama Cacar Monyet Ditemukan di Indonesia, Jokowi Minta Masyarakat Tak Khawatir
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan soal cacar monyet di TMII, Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik meski telah ditemukan kasus pertama cacar monyet di Indonesia. Menurut Jokowi, penularan cacar monyet lewat kontak langsung.

"Kita tidak perlu terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung. Bukan lewat droplet," ujar Jokowi kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (23/8/2022).

Jokowi menekankan kepada semua pihak menyiapkan dirinya masing-masing dalam mengatasi cacar monyet tersebut. "Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita untuk mengatasi itu," kata Jokowi.



Presiden juga telah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyiapkan vaksin untuk penyakit cacar monyet. "Ya sudah saya perintahkan kepada Menkes. Yang pertama urusan vaksin segera," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta agar bandara dan pelabuhan sebagai pintu masuk warga negara asing diperketat pengecekan dan penjagaannya. "Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Minta Menkes Segera Siapkan Vaksin Cacar Monyet
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2679 seconds (0.1#10.140)