Survei SMRC: Di Antara Elite Partai, Prabowo Posisi Puncak Capres 2024

Minggu, 21 Agustus 2022 - 23:10 WIB
loading...
Survei SMRC: Di Antara Elite Partai, Prabowo Posisi Puncak Capres 2024
Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto mengungguli para bakal capres yang datang dari kalangan elite partai berdasar survei SMRC.Foto/Istimewa/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei nasional atas tren dukungan terhadap calon presiden jelang pemilu serentak 2024. Dari hasil survei, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto mengungguli para bakal calon presiden (capres) yang datang dari kalangan elite partai.

Direktur riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, jika disimulasikan kepada responden survei, apabila elite partai yang maju sebagai capres mendatang, Prabowo unggul dibandingkan elite partai yang populer saat ini.

"Jika yang maju hanya elite-elite inti partai, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap lima nama yakni, Prabowo vs AHY vs Puan vs Muhaimin vs Airlangga. Prabowo mendapat dukungan terbesar sebanyak 39,4%, disusul AHY 13,3%, Puan 6,9%, Muhaimin 6,7%, dan Airlangga 3,3%. Yang belum tahu/tidak menjawab 30,3%," kata Deni melalui keterangannya, Minggu (21/8/2022).

Berdasarkan hasil survei, lanjut dia, jika memang capres harus dari kalangan elite partai maka dapat dipastikan Prabowo akan memenangi Pilpres 2024.

"Selain Prabowo, petinggi partai lain, yakni Puan atau Airlangga terlalu rendah untuk bersaing," ujar Deni. Baca: Gowes di Jonggol, Sekjen Gerindra: Insya Allah, Prabowo Akan Jadi Presiden di 2024

Dalam survei nasional tersebut, Deni menjelaskan metodologi yang digunakan yakni wawancara tatap muka. Ia pun menyampaikan responden surveinya merupakan warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau telah memiliki hak pilih pada pemilu mendatang.

"Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.053 atau 86%. Sebanyak 1.053 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling)," terang Deni.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)