KLHK Terus Berupaya Tumbuhkan Minat Generasi Muda Menjaga Lingkungan

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 20:10 WIB
loading...
KLHK Terus Berupaya Tumbuhkan Minat Generasi Muda Menjaga Lingkungan
Wakil Menteri LHK, Alue Dohong. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara konsisten terus mendorong generasi muda agar sadar untuk menjaga lingkungan. Upaya yang dilakukan KLHK yakni dengan menyelenggarakan Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tahun ini memasuki tahun ketiga.

Penyelenggaraan perlombaan dipilih sebagai cara untuk mendorong generasi muda tidak hanya menjadi agent of change, tetapi juga mengaktualisasi peran generasi saat ini sebagai kolaborator.

Wakil Menteri LHK, Alue Dohong mengatakan, generasi muda perlu disediakan wadah diskusi dan interaksi dua jalur, sehingga tercipta interaksi yang efektif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, perlombaan hari lingkungan hidup di tahun ketiga telah juga memasukan inovasi ruang diskusi.

"Dan mentoring antara peserta dengan pakar/ahli untuk memastikan peserta tidak hanya mendapatkan semangat kompetisi tetapi juga nilai tambah pengetahuan dan internalisasi nilai positif perlindungan dan pengelolaan," kata Alue Dohong dalam keterangannya, Sabtu (20/8/2022).

"Kita ingin ada para pemenang ini menjadi local hero, local champion yang ke depan akan menjadi motivator bahkan inspirator bagi rekan rekannya di lingkungan atau di lingkungan masyarakat yang lebih luas dengan demikian kita berharap akan banyak orang-orang yang menjadi semacam pahlawan lokal," tambahnya.

Melalui perlombaan ini seluruh peserta ditantang untuk mengaktualikasi ide Kampanye Satu Bumi Untuk Masa Depan yaitu aksi lingkungan kolektif dan transformatif dalam skala global untuk merayakan, melindungi, dan memulihkan bumi.

Pelaksanaan rangkaian perlombaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang terdiri dari Lomba Desain Pemulihan Lingkungan, Lomba Video Sinematik Lingkungan, dan Lomba Karya Tulis merupakan salah satu upaya dari KLHK untuk mendorong generasi muda untuk menggabungkan momen revolusi digital untuk berkolaborasi tidak hanya bersifat gagasan tetapi ide yang langsung dapat diterapkan.

Rangkaian kegiatan lomba Hari Lingkungan Hidup tahun ini telah dimulai pada bulan Februari 2022 hingga awal Agustus 2022. Hal yang membedakan dari penyelenggaraan tahun sebelumnya yaitu pelaksanaan pelatihan Boothcamp atau Masterclass sebagai additional value program untuk memberikan pembekalan ilmu dan muatan teknis lomba.

Peserta diberikan pembekalan berupa, berbagi pengalaman dari para pakar serta diskusi interaktif.
Para pemenang lomba diumumkan pada Webinar Apresiasi Lomba Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 sekaligus peringatan HUT ke-77 RI yang diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2022. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong.

Acara apresiasi diselenggarakan secara daring melalui Zoom dan Live Streaming di Youtube Ditjen PPKL ini dihadiri oleh seluruh peserta lomba, Dewan Juri, para Pejabat lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi dan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, serta masyarakat umum.

Dengan mengangkat tema, Satu Bumi Untuk Masa Depan: Harmonisasi Alam Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, KLHK yang memfasilitasi dan memastikan keterlibatan peran pemuda melalui saluran dan wadah yang lebih bermakna, dengan memperkuat suara dan keterwakilan anak muda.

Alue Dohong memberikan selamat dan apreasi tinggi kepada semua peserta dan pemenang lomba tahun ini atas semangat dan karya yang telah dihasilkan.

"Jadikan ini sebagai motivasi, dan tidak hanya sampai disitu tapi terus berkembang ke depan terutama menjadi inspirator dan motivator kepada rekan-rekannya yang lebih banyak lagi," tutup Alue.

Sementara itu Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro menambahkan, beragam loma yang yang diselenggarakan Ditjen PPKL, baik pengumuman awal, tema lomba, jumlah peserta, pelaksanaan, yakni difusi pengetahuan dan pembekalan peserta melalui booth camp, hingga penjurian yang akhirnya mengerucut pada pemenang.

Misalnya lanjut Sigit Reliantoro, lomba desain pemulihan lingkungan atau LDP-2022, booth camp diikuti oleh seluruh peserta lomba dan bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap ketentuan dan muatan teknis lomba desain pemulihan lingkungan, sharing best practice dari pakar, dan pengenalan program pemulihan lingkungan oleh KLHK.

Adapun lokasi yang dipulihakn, Ekoriparian:Waduk Cipta Karya Pekanbaru, Riau,
dan Pemulihan Lahan di Desa Wonosari, Kabupaten Sempaja. Sedangkan 3R-nya Pusat Kegiatan Publik (Sekolah, Pasar, dan Perkantoran).

"Ini merupakan additional value program yang diakui sebagai kegiatan pelatihan yang dapat dibuktikan dengan sertifikat," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3869 seconds (0.1#10.140)