LPSK Ungkap Kondisi Terkini Bharada E dan Keluarga

Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:18 WIB
loading...
LPSK Ungkap Kondisi Terkini Bharada E dan Keluarga
Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkapkan kondisi terkini perlindungan kepada Bharada E alias Richard Eliezer selama menjadi justice collaborator (JC). Foto/Dok.MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK ) Susilaningtyas menjelaskan kondisi terkini perlindungan kepada Bharada E alias Richard Eliezer selama menjadi justice collaborator (JC). Dia menyampaikan saat ini kondisi Bharada E beserta keluarga masih aman.

Dia juga menyampaikan perlindungan yang tengah diberikan kepada Bharada E, selain perlindungan fisik, juga membutuhkan penguatan spiritual. "Kami berikan perlindungan fisik kemudian ada perlindungan sebagai JC, ada pendampingan. Kami juga menyediakan rohaniawan untuk Bharada E jika dibutuhkan karena butuh untuk penguatan spiritual," ujarnya di Kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (18/8/2022).

Bharada E, kata dia, juga memohon perlindungan kepada keluarganya jika ada ancaman yang diterima. "Keluarga Bharada E masih aman, kalau ada ancaman, Bharada E sudah sampaikan kalau ada ancaman mohon LPSK untuk berikan perlindungan ke keluarganya," tuturnya.

Baca juga: Dapat Perlindungan LPSK, Bharada E Bakal Bongkar Peran Atasan dalam Kasus Brigadir J



Sebagai informasi, perlindungan yang diberikan oleh LPSK terhadap pemohonnya dilakukan guna menjamin keterangan saksi atau korban tidak dipengaruhi oleh adanya ancaman serta tekanan dari pelaku dan lainnya. Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menjelaskan bentuk perlindungan yang diberikan LPSK kepada Bharada E adalah penebalan di rutan, pemasangan CCTV portabel, suplai logistik, cek steril udara, pemeriksaan rutin dokter atau psikolog, dan mendatangkan rohaniawan.

"Perlindungan itu diperlukan, untuk pemohon yang memang menghadapi ancaman dan atau proses hukumnya sudah berjalan dan dia memerlukan pendampingan oleh LPSK," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1026 seconds (10.177#12.26)