Profil Kombes Pol Sabilul Alif Lulusan Terbaik Lemhannas 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 - 06:34 WIB
loading...
Profil Kombes Pol Sabilul Alif Lulusan Terbaik Lemhannas 2022
Mantan ajudan Wapres KH Ma’ruf Amin yakni, Kombes Pol H.M. Sabilul Alif menjadi lulusan terbaik Lemhannas dan meraih penghargaan Wibawa Seroja Nugraha. Foto/IG
A A A
JAKARTA - Mantan ajudan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin yakni, Kombes Pol H.M. Sabilul Alif meraih penghargaan Wibawa Seroja Nugraha.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 ini berhasil meraih nilai akademik tertinggi selama mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 83 di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI. Dengan capaian tersebut, pria kelahiran Gresik, Jawa Timur pada 27 Juni 1975 ini menjadi lulusan terbaik Lemhannas 2022.

Sabilul merupakan perwira Polri yang berpengalaman di bidang lalu lintas. Dia mengawali kariernya sebagai Pamapta Polres Karang Asem Polda Bali pada 1997. Baru setahun mengabdi di Korps Bhayangkara Sabilul langsung diangkat menjadi Kasat Lantas Polres Karang Asem Polda Bali pada 1998.

Tidak lama kemudian, lulusan Daspa Lantas dan Lanpa IDIK Laka Lantas ini dimutasi menjadi Kapolsek Ubud Polres Gianyar Polda Bali 1999. Dari Polda Bali, Sabilul Alif melanjutkan kariernya sebagai Kanit Gassus Sat Lantas Poltabes Semarang Polda Jateng pada 2021. Di Polda Jateng, dia juga pernah menjabat sebagai Kaur Binops Sat Lantas Poltabes Semarang, kemudian Kasat Lantas Polres Demak dan Kasat Lantas Polres Cilacap.

Baca juga: 3 Kapolres di Banten Resmi Diganti, Termasuk Ajudan Wapres Ma’ruf Amin

Sabilul kemudian mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Lulus pada 2006, dia langsung diangkat menjadi Kasubbagrenmin Dit Lantas Polda Sumut. Kasat Lantas Poltabes Medan Selatan dan Wakapolres Asahan pada 2010.

Setelah mengabdi selama empat tahun di Polda Sumut, Sabilul kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen). Setelah lulus pada 2011, Sabilul ditempatkan sebagai Pamen Polda Jatim, kemudian Analis Kebijakan Pertama Bidang SPKT Polda Jatim, Kabagbinopsnal Ditsabhara Polda Jatim. Dia kemudian dirotasi menjadi Kepala SPKT Polda Jatim pada 2012, di tahun yang sama Sabilul diangkat menjadi Kasat Lantas Polrestabes Surabaya.

Berbagai inovasi dibuat Sabilul saat menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Surabaya. Di antaranya, Kalkir atau Kanalisasi Lajur Kiri, Jembatan Merah (Jangan Menerobos dan Menghambat Lampu Merah), dan STMJ (Surabaya Taat Marka Jalan).

Sabilul juga membuat aksi keselamatan di jalan melalui penindakan kendaraan roda dua yang tidak sesuai spesifikasi teknis pada malam pergantian tahun 2012-2013. Aksi itu tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) karena menindak 1.131 motor dalam waktu empat jam.

Kariernya di Korps Bhayangkara semakin moncer dengan diangkat menjadi Kapolres Jember Polda Jatim pada 2014, kemudian naik menjadi Wadirlantas Polda Jatim. Dari Jawa Timur, Sabilul dimutasi menjadi Kapolres Kota Tangerang, Polda Banten pada 2017. Hingga akhirnya diangkat menjadi ADC atau ajudan Wapres KH Ma’ruf Amin.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2072 seconds (11.252#12.26)