PAN Ucapkan Selamat untuk Deklarasi Koalisi Gerindra-PKB

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:17 WIB
loading...
PAN Ucapkan Selamat untuk Deklarasi Koalisi Gerindra-PKB
Poitikus PAN Viva Yoga menyebut Gerindra-PKB sebagai poros ketiga Pilpres 2024. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mendeklarasikan koalisi pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Koalisi ini sepakat mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Kendati belum resmi, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memposisikan diri sebagai calon wakil Prabowo.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga mengapresiasi kedua partai dan ikut senang atas ”pernikahan” Gerindra-PKB.

"PAN mengapresiasi dan merasa senang jika Gerindra dan PKB telah melaksanakan pernikahan, maju ke pelaminan politik di pilpres 2024," ujar Viva saat dikonfirmasi wartawan, dikutip Senin (15/8/2022).



Lebih lanjut, Viva menuturkan, dengan hadirnya koalisi Gerindra dan PKB, ada tiga poros yang telah memenuhi syarat presidential threshold 20% kursi DPR RI atau 25% suara sah nasional.

"Sesuai pasal 222 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yaitu Koalisi Indonesia Baru : PAN, Golkar, PPP, lalu PDI Perjuangan, dan koalisi Gerindra dan PKB," paparnya.

Viva menambahkan, dengan adanya sikap dari Prabowo Subianto yang menyatakan diri siap maju di Pilpres 2024. Menurut Viva, akan semakin banyak figur yang maju sebagai capres akan menambah alternatif pilihan bagi masyarakat.

"PAN menilai semakin banyak pasangan calon yang maju di pemilu presiden 2024 akan semakin menambah alternatif pilihan bagi rakyat," ungkapnya.



"Hal ini menandakan bahwa proses politik untuk penguatan kelembagaan demokrasi akan semakin kuat melalui pemilu yang berkualiatas dan berintegritas," ucap Viva menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya menjawab desakan seluruh kader partainya yang meminta dirinya maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Hal itu ditegaskannya dalam forum Rapimnas Partai Gerindra hari ini.

"Dengan demikian, dengan mengucap Bismillah, setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden RI 2024, dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk dicalonkan sebagai calon presiden RI," kata Prabowo dalam sambutannya di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)