Parikan Ludruk Cak Imin Cairkan Suasana Rapimnas Gerindra

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 18:01 WIB
loading...
Parikan Ludruk Cak Imin Cairkan Suasana Rapimnas Gerindra
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar membuat suasana Rapimnas Partai Gerindra hari ini cair lewat parikan atau rangkaian kalimat khas Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Abdul Muhaimin Iskandar membuat suasana Rapimnas Partai Gerindra hari ini cair lewat parikan atau rangkaian kalimat khas Jawa Timur. Rapimnas itu sekaligus mengagendakan penandatanganan piagam kerja sama politik Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) demi menyongsong Pilpres 2024 itu.

"Supaya enggak serius saya punya (pantun kata penonton). Bukan kalau pantun terlalu serius, dan saya enggak bakat. Sebagai orang Jawa Timur saya bisanya parikan. Parikan itu ludrukan enggak pakai pakem yo sak ilinge (ingat), lek iling yo langsung ngomong. (Sek tak iling-iling sek/sebentar saya ingat-ingat dulu)," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin itu di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Tak lama kemudian, Cak Imin langsung menyampaikan sebuah parikan dengan nada memuji Prabowo menggunakan bahasa Jawa yang diklaim adalah karangannya sendiri. "Gulo jowo, diletakkan gelas disiram bunga melati, kata Gus Dur, Pak Prabowo itu orangnya ikhlas dan baik hati," ucapnya.

Baca juga: Cak Imin Ungkap Ada yang Ganggu PKB agar Tak Jadi Koalisi Bareng Gerindra



Selanjutnya, Cak Imin kembali menyampaikan parikan yang disebutnya hasil karangan staf ahlinya. Dalam parikan itu berisi tentang dimulainya koalisi antara PKB dan Gerindra

"Sek sek iki ono kerpe'an anyar neh (sebentar-sebentar ini ada contekan parikan baru lagi) kalau tadi itu karangan saya, kalau ini karangan staf ahli: 'Obsesi berbuah prestasi, Permisi PKB-Gerindra koalisi', " lanjutnya.

Sontak parikan yang disampaikan Cak Imin tersebut menuai teriakan gembira seluruh kader yang memenuhi Sentul International Convention Center (SICC). "Gimana? karangannya staf ahli dengan karangan saya bagus mana? Bagus karangan saya kan?" ujarnya.

Sebagai penutup, Cak Imin kembali menyampaikan dua parikan terakhir. "Nyuwun sewu dulur-dulur sedoyo konco-konco nyuwun sewu (minta maaf saudara-saudara semua, teman-teman, minta maaf) ada tambahan parikan: 'Muhaimin makan jagung sama Prabowo, partai lain mau gabung, monggo," ungkapnya.

"Ini satu lagi parikan kalau ini parikannya karangannya ludruk Jawa Timur mamanya Cak Thoriq, Cak Thoriq itu Bupati Lumajang: 'Pak Samiun beli semangka, kita koalisi untuk kebangkitan Indonesia Raya'," tukas Cak Imin.

Sebagai informasi, Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi dengan mendandatangani piagam kerja sama untuk kontestasi Pemilu 2024. Sebelum melakukan penandatangan ini, acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ya Lal Wathon, hingga mars dari kedua parpol tersebut.

Prabowo dan Cak Imin pun mengukir tanda tangan dalam piagam kerja sama tersebut secara bergantian. Keduanya didampingi oleh sekretaris jenderal (Sekjen) beserta petinggi dari partai Gerindra dan PKB.

Usai diteken, piagam kerja sama pun dibacakan untuk diketahui seluruh kader dari masing-masing parpol. Dalam pembacaan piagam kerja sama ini, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PKB Jazilul Fawaid turut bertindak untuk membacakannya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2151 seconds (11.210#12.26)