Ratusan Nelayan di Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:56 WIB
loading...
Ratusan Nelayan di Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024
Nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel berkumpul mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024, Rabu (10/8/2022). Dalam deklarasi tersebut mereka juga mendapat bantuan sembako. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BARRU - Komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) berkumpul mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024. Teriknya panas matahari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat mereka.

Sedikitnya 150 nelayan dari berbagai desa di Barru menyatukan suara mendeklarasikan Ganjar. Wakil Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel Muhammad Arafah (39) mengatakan, para nelayan sudah mengenal Ganjar sebagai sosok pemimpin yang sangat memperhatikan nasib nelayan, khususnya nelayan kecil di pelosok daerah.

"Ganjar selalu berupaya mencari solusi untuk kesejahteraan nelayan. Hal ini terbukti dari kebijakan yang diterapkannya saat memimpin Jawa Tengah. Ia memberikan jaminan asuransi kecelakaan bagi nelayan. Baik itu kecelakaan di darat maupun laut," kata Arafah di lokasi, Rabu (10/8/2022).

Berkat kebijakan tersebut, kurang lebih 10.000 nelayan se-Jawa Tengah sudah tercover Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Pemprov Jawa Tengah. Kebijakan ini akan sangat baik jika diterapkan di seluruh Indonesia.

“Sehingga nelayan-nelayan di Barru dan seluruh Indonesia sangat setuju jika Ganjar memimpin negeri. Ke depan, kami akan terus mengkonsolidasikan dukungan bagi sosok Ganjar ke nelayan-nelayan lainnya yang berada di pesisir Sulawesi Selatan," jelasnya.

Dalam deklarasi tersebut, juga dibagikan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan pangan para nelayan. Hal ini sekaligus menjadi pelipur lara bagi para nelayan yang tengah menghadapi anjloknya harga jual hasil laut.

Tidak stabilnya harga jual hasil tangkapan laut amat dirasakan Ashar (52). Pria paruh baya tersebut menceritakan tangkapan lautnya sering dihargai murah. "Rajungan misalnya. Harga normal itu kita jual Rp90.000 per kg. Namun beberapa bulan terakhir harganya anjlok jadi hanya Rp20.000 per kg," ujarnya.

Sebab itu, dia sangat berharap Ganjar menjadi Presiden. Menurutnya Ganjar mampu menstabilkan harga produk laut di pasar dan membawa kesejahteraan untuk nelayan kecil.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)