3 Alamat Surya Darmadi yang Dikirimi Surat Panggilan Kejagung, di Jakarta dan Singapura

Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:41 WIB
loading...
3 Alamat Surya Darmadi yang Dikirimi Surat Panggilan Kejagung, di Jakarta dan Singapura
Penyidik Kejagung telah mengirimkan surat panggilan ke 3 alamat tersangka kasus PT Duta Palma, Surya Darmadi alias Apeng. FOTO/TWITTER
A A A
JAKARTA - Penyidik Kejaksaan Agung ( Kejagung ) telah mengirimkan surat panggilan ke 3 alamat tersangka kasus PT Duta Palma, Surya Darmadi alias Apeng. Namun Apeng tetap tidak datang meski surat panggilan tidak hanya dikirimkan ke rumah dan kantor di Jakarta, tapi juga kediaman di Singapura.

"Beberapa kali dilakukan pemanggilan secara patut oleh Tim Jaksa Penyidik secara patut sebanyak 3 kali," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Tiga tempat yang telah dikirim surat panggilan, kata Ketut, dua berada di Jakarta Selatan dan satu di Singapura. Tiga alamat itu adalah:



1. Rumah tinggal yang beralamat di Jalan Bukit Golf Utama PE.9 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alamat tersebut merupakan alamat rumah yang Surya Darmadi di Indonesia.

2. Kantor Duta Palma Group yang beralamat di Palma Tower, 22nd Floor, Jalan RA Kartini III-S Kav.6, Pondok Pinang, Jakrta Selatan – 12310. Alamat tersebut merupakan alamat kantor yang Surya Darmadi.

3. Rumah/Apartment/tempat tinggal Surya Darmadi yang beralamat di 21 Nassim Road # 01-18 Nassim Park Residences, Singapore – 258462. Alamat tersebut merupakan tempat tinggal yang bersangkutan di Singapura.

Selain secara prosedur mengirimkan surat, penyidik juga melakukan upaya lain yakni memanggil melalui surat kabar harian nasional. "Ternyata tersangka SD tidak juga hadir atau tidak kooperatif dalam memenuhi panggilan untuk pemeriksaan," katanya.

Sebelumnya Kejagung telah menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka bersama dengan RTR selaku Bupati Kabupaten Indragiri Hulu periode 1999-2008. Kejagung memperkirakan kerugian negara atas dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu diperkirakan sampai Rp78 triliun.

"Adapun estimasi kerugian keuangan negara dan perekonomian negara berdasarkan hasil perhitungan ahli sebesar Rp78 triliun," kata Jaksa Agung dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)