Kepedulian Moeldoko kepada Generasi Muda Diapresiasi

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 19:11 WIB
loading...
Kepedulian Moeldoko kepada Generasi Muda Diapresiasi
Moeldoko melakukan dialog interaktif dengan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko selalu mempunyai cara tersendiri dalam menunjukkan kepeduliannya kepada generasi muda. Salah satunya adalah dengan berdialog interaktif bersama suatu komunitas dan diunggahnya melalui akun YouTube, DR Moeldoko.

Dalam youtubenya, Moeldoko sering berdialog dengan generasi muda dari beragam komunitas di berbagai daerah, seperti komunitas wayang dalang, budayawan hingga pendekar. Di unggahan youtube terbarunya Moeldoko berkesampatan dialog interaktif dengan pelaku musisi jalanan di Bulungan, Jakarta.

Dialog Moeldoko dengan pelaku kreatif di beberapa daerah di Indonesia mendapat sorotan dari kalangan milenial. Nurkhasanah, Koordinator Nasional Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi upaya kreatif Moeldoko tersebut.

Nurkhasanah menerangkan, melalui YouTubenya Moeldoko, kelompok milenial banyak belajar mencintai warisan kebudayaan negeri.

"Melalui channel Pak Moeldoko, kalangan milenial semakin sadar bahwa ragam budaya di Indonesia ini begitu kaya dan unik. Para pelakunya pun berjalan atas kesadaran penuh untuk menjaga warisan budaya Nusantara," kata Nurkhasanah, Sabtu (6/8/2022).

"Ada pendekar, dalang wayang, budayawan hingga yang terakhir musisi jalanan ada di youtubenya Pak Moeldoko. Sebab itu, bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengenal pelaku kreatif budaya Indonesia tonton aja youtube Pak Moel," tambahnya.

Nurkhasanah menggarisbawahi YouTube Pak Moel terkait musisi jalanan. Dia menilai mantan Panglima tersebut memiliki kepedulian tinggi kepada musisi jalanan. Pasalnya, Nurkhasanah menengarai, Moledoko menjadi salah satu tokoh di antara tokoh-tokoh lain yang berani mengangkat isu musisi jalanan di kanal youtubenya.

"Saya melihat Pak Moeldoko menjadi salah sat, kalau enggak disebut satu-satunya yang mengangkat isu seni budaya di dalam diri musisi jalanan. Tokoh-tokoh lain sering mengangkat isu pengembangan start-up, isu teknologi, bisnis dan objek-objek yang bisa menghasilkan rupiah," ujarnya.

Diketahui Moeldoko melakukan dialog interaktif dengan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Adapun KPJ diwakili oleh Anto Baret (Ketua KPJ), Marta (Ketua KPJ Jabar), Cepi (Ketua KPJ Bandung), Helen (Ketua KPJ Cilegon), dan Raimon (Ketua KPJ Bekasi).

"Dari komunitas musisi jalanan, kita dapat belajar bahwa dengan keyakinan dan kreativitas bisa mewujudkan semua cita-cita yang kita inginkan. Mereka (musisi jalanan) tak khawatir perkara materi, tak risau soal rezeki. Yang mereka lakukan adalah melakukan sesuai passion, minat dan bakat kita," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2915 seconds (0.1#10.140)