Dana Desa Era Presiden Jokowi Berhasil Majukan Masyarakat Perdesaan

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 18:45 WIB
loading...
Dana Desa Era Presiden Jokowi Berhasil Majukan Masyarakat Perdesaan
Program Dana Desa yang dicanangkan Presiden Jokowi dinilai berhasil memajukan masyarakat perdesaan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh perhatian tinggi terhadap pembangunan desa. Tidak hanya infrastruktur, kualitas sumber daya manusia di desa semakin membaik sejak peningkatan anggaran Dana Desa era Jokowi.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. Dia mengatakan keseriusan Jokowi dalam memajukan desa diakui membawa dampak besar dalam kehidupan masyarakat desa.

Audy mengatakan desa yang akrab disebut Nagari di Sumatera Barat sangat terbantu dengan kehadiran dana desa gagasan Jokowi. Disebutkannya saat ini kemajuan desa begitu masif. "Kalau untuk Sumatera Barat karena kita termasuk Nagari, kita lihat beberapa Nagari sudah bisa memberdayakannya dengan baik," ujar Audy pada saat mengisi seminar di Universitas Andalas beberapa waktu lalu.



Lebih jauh Audy menuturkan bukti nyata program dana desa gagasan Jokowi yang mampu mendorong kemajuan nagari, yakni di Desa Wisata Apar, Kota Pariaman.



“Sebuah desa wisata yang mampu memadukan kekayaan alam, budaya, serta kearifan lokal Sumbar menjadi satu. Berkat anggaran dana desa didukung dengan kreativitas pemerintah daerah, ekonomi masyarakat terangkat naik,” paparnya.

Perlu diketahui sejak 2015-2022, pemerintahan Jokowi telah menyalurkan dana desa sebesar Rp468 triliun yang dimanfaatkan untuk pembangunan desa. Presiden meminta agar pemerintah desa dapat mengelola, memanfaatkan, serta merealisasikan dana desa sebaik mungkin guna memacu pertumbuhan ekonomi desa yang kemudian diharapkan turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3064 seconds (0.1#10.140)