Ferdy Sambo Dimutasi Jadi Pati Yanma Polri, Ini Tugasnya Sekarang

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 08:47 WIB
loading...
Ferdy Sambo Dimutasi Jadi Pati Yanma Polri, Ini Tugasnya Sekarang
Irjen Ferdy Sambo dicopot dari jabatan Kadiv Propam. Dia kemudian dimutasi dan ditempatkan di Yanma Polri. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri dalam Surat Telegram Nomor 1628/VIII/Kep/2022 tertanggal 4 Agustus 2022. Ferdy Sambo kemudian dimutasi dan ditempatkan di Yanma Polri.

Lalu apa itu Yanma dan apa saja tugasnya?

Yanma merupakan kependekan dari Pelayanan Markas. Dilihat dari situs resmi Polri.go.id, Yanma Polri atau pada tingkat mabes langsung berada di bawah Kapolri.

Sementara, dilansir dari sumut.polri.go.id -website resmi Polda Sumatera Utara-, Yanma Polri memiliki tugas menyelenggarakan pelayanan markas antara lain pelayanan angkutan, perumahan, pengawalan protokoler, penjagaan markas, dan urusan dalam di lingkungan Polda.





Adapun fungsinya terbagi menjadi delapan fungsi yakni:
Pertama, memberikan bimbingan dan arahan teknis pelaksanaan pelayanan markas atau kantor kepada penyelenggara urusan dalam pada semua satuan kerja. Kemudian melakukan pembinaan pengadministrasian, perencanaan program dan anggaran, pelayanan penatausahaan materiil logistik di lingkungan Yanma serta pengaturan perumahan.

Selanjutnya memberikan pelayanan markas, fasilitas perkantoran, dukungan komunikasi, dan elektronika markas serta pemakaman di lingkungan Polda. Juga memberikan Pelayanan angkutan personel dan pejabat serta pemeliharaan dan perbaikan sarana angkutan di lingkungan Polda.

Kemudian fungsi kelimanya ialah, pemeliharaan fasilitas umum perkantoran dan perumahan di lingkungan Polda. Selanjutnya juga memberikan pengamanan markas, pejabat, kegiatan protokoler, upacara, dan rapat-rapat pimpinan.

Ketujuh, pembinaan Korps Musik Polda. Dan terakhir, pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi mencopot Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri. Hal itu tertuang dalam surat telegram Nomor 1628/VIII/KEP/2022 tanggal 4 Austus 2022.

"Irjen Ferdy Sambo Kadiv Propam Polri dimutasikan sebagai pati Yanma Polri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Kamis (4/8/2022).

Jabatan Kadiv Propam diganti oleh Wakabareskrim Polri Irjen Syahardianto. "Wakabareskrim Polri diangkat sebagai Kadiv Propam Polri," ujar Dedi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)