Susul Eko Margiyono, Jenderal Kopassus Lulusan Akmil 89 Ini Tembus Bintang 3

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 08:24 WIB
loading...
Susul Eko Margiyono, Jenderal Kopassus Lulusan Akmil 89 Ini Tembus Bintang 3
Lulusan Akademi Militer 1989 yang sukses menembus bintang 3 bertambah lagi. Kali ini didapat Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang dipromosikan sebagai Danpusterad. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 yang sukses menembus bintang 3 bertambah lagi. Kali ini didapat Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang dipromosikan sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat.

Jabatan Danpusterad merupakan pos untuk perwira tinggi bintang 3. Dengan demikian, hanya tinggal tunggu waktu bagi Teguh Muji untuk secara resmi menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi atau lazim disebut Laporan Korps Kenaikan Pangkat.

Penunjukan Muji sebagai Danpusterad tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Dalam SK tertanggal 29 Juli 2022 tersebut, secara keseluruhan terdapat 113 perwira yang dimutasi.

Baca juga: Resmi Jabat Danjen, Mayjen Teguh: Kopassus Bukan Prajurit Hebat, Tapi Terlatih

“Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, jabatan lama Pangdam XVII/Cenderawasih, jabatan baru Danpusterad,” bunyi salinan SK tersebut dikutip Jumat (5/8/2022).

Teguh menggantikan Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang kini dipercaya sebagai Danjen Akademi TNI. Arief menjadi suksesor Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Jenderal Baret Merah
Promosi jabatan Teguh Muji Angkasa akan menjadikannya sebagai lulusan Lembah Tidar angkatan 1989 yang menembus bintang 3. Teguh mengikuti jejak Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Eko Margiyono yang jauh lebih dulu memiliki tiga bintang emas di pundak.

Untuk diketahui, Eko punya karier cemerlang di TNI. Dari Pangdam Jaya (2019-2020), serdadu alumnis SMAN 77 Jakarta itu diplot sebagai Pangkostrad pada Maret 2020. Promosi itu menjadikan Eko tembus letjen, pertama di angkatannya. Dia bahkan lebih cepat dari lulusan 1988 A dan 1988 B yang kala itu belum ada menembus bintang 3.

Kebetulan jejak keduanya mirip. Seperti Eko yang pernah dipercaya sebagai orang nomor satu di Korps Baret Merah, Teguh Muji Angkasa juga memiliki rekam jejak sebagai Danjen Kopassus. Sebagian besar kariernya memang dihabiskan di pasukan elite AD tersebut.

Semasa perwira menengah berpangkat letnan kolonel, dia ditugasi sebagai kepala penerangan Kopassus. Setelah itu menjadi Asisten Intelijen Danjen Kopassus pada 2011-2013. Melati di pundaknya bertambah satu alias kolonel.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1997 seconds (11.252#12.26)