Sinergi Semua Pihak Dinilai Membantu Cegah Penyebaran Corona

Senin, 13 April 2020 - 23:01 WIB
loading...
Sinergi Semua Pihak Dinilai Membantu Cegah Penyebaran Corona
Semua pihak terpanggil untuk ikut peduli dalam penanganan wabah corona atau Covid-19. Termasuk aktivis yang tergabung dalam Dasa Wisma Program 10 Rumah Aman. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Semua pihak terpanggil untuk ikut peduli dalam penanganan wabah virus corona atau Covid-19. Termasuk aktivis yang tergabung dalam Dasa Wisma Program 10 Rumah Aman.

Kepedulian itu diwujudkan dengan melakukan zonasi penyemprotan anti Covid-19 pun menyasar sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya di empat kelurahan sekaligus. Sebut saja, Kelurahan Kebon Melati, Petamburan, Bendungan Hilir, dan Karet Tengsin, di Jakarta.

"Kami terpanggil untuk melakukan aksi sosial ini. Pandemi Covid-19 memang harus dihadapi bersama. Selain memutus rantai sebarannya, aksi ini juga diharapkan menaikan kesadaran warga agar waspada Covid-19. Mereka secara gotong royong tetap menjaga lingkungannya," kata Muntasir, Aktivis Dasa Wisma, Senin (13/4/2020).

Aktivis Dasa Wisma lainnya, Nur Patria Herryanto menjelaskan, aksi sosial kerap dilakukan untuk menunjukan kepedulian langsung kepada masyarakat.

"Jakarta memang menjadi episentrum, tapi semuanya pasti akan segera diatasi karena semua bersinergi. Terlepas dari apapun, The Jakmania memang sering melakukan aksi sosial di luar sepakbola. Kami pun terjun langsung membantu warga yang terkena musibah. Contohnya, musibah banjir kemarin itu," jelas Herryanto.

Member The Jakmania ini mengungkapkan, selain melakukan penyemprotan disinfektan, aktivis Dasa Wisma juga ikut melakukan tindakan preventif. Caranya, melakukan sosialisasi upaya pencegahan sebaran Covid-19.

Lebih lanjut, mereka juga mengkampanyekan amal untuk meringankan beban ekonomi warga. Secara bergotong royong, mereka meminta warga memberikan bantuan sembako atau uang pada sesamanya.

"Kami optimistis, Jakarta akan bebas Covid-19. Dengan bergotongroyong, kota ini akan menjadi sehat kembali. Apalagi, program 10 Rumah Aman dijalankan dengan baik. Kami melakukan beragam upaya pencegahan untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19," pungkasnya.

Aksi simpatik dilakukan The Jakmania dalam merespons sebaran Covid-19 di area Jakarta, dengan mengusung tema 'Kota Ini Mau Sehat'. Sinergi dilakukan bersama Kelurahan, Dewan Kota, Kepolisian, Koramil, juga Karang Taruna.

Adapun beberapa nama yang bergabung adalah Lurah Karet Tengsin Hari Ananda dan Lurah Bendungan Hilir Mufrida. Ada juga Lurah Petamburan Setyanto hingga Lurah Kebon Melati Winetrin.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)