Helmy Faishal: Latgab TNI Bersama Militer 13 Negara adalah Langkah Super Diplomacy

Kamis, 04 Agustus 2022 - 06:10 WIB
loading...
Helmy Faishal: Latgab TNI Bersama Militer 13 Negara adalah Langkah Super Diplomacy
Anggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini menilai event Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022 kegiatan super diplomasi. Hal ini diungkapkan Helmy saat memberi sambutan di hadapan sebanyak 5.000 tentara gabungan dari 13 negara dalam program Super Garuda Shield.

"Super Garuda Shield (SGS) Tahun 2022 adalah kegiatan super diplomasi, karena persahabatan yang dibangun oleh 13 negara ini, pada dasarnya bukan bersiap-siap untuk perang, tetapi justru kita bersiap-siap untuk damai," kata Helmy dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Kamis (4/8/2022).

Mewakili Komisi I DPR RI, Helmy menyampaikan apresiasi dan penghatgaan kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Menurut dia, ada beberapa hal dan isu penting yang patut digarisbawahi dalam konteks penyelenggaraan Super Garuda Shield (SGS) ini.

Pertama, dari sisi pembiayaan dan investasi yang dibelanjakan, kegiatan Super Garuda Shield (SGS) jauh lebih murah. Ini merupakan sebuah langkah penting untuk membangun era baru diplomasi. Inisiatif baik semacam ini perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan yang optimal dari pelbagai kalangan.

Kedua, lanjut Helmy, kegiatan Super Garuda Shield (SGS) secara teknis merupakan bagian dari langkah diplomatik yang masuk ke dalam kategori soft diplomatic yang secara teknis jauh dari hal-hal bersifat menegangkan.

Sebab yang menjadi titik tenak serta salah satu aspek yang ditonjolkan dalam kegiatan ini adalah aspek-aspek kemanusiaan.
Ketiga, Super Garuda Shield (SGS) juga dapat dimaknai sebagai bagian ari total diplomasi yang sedang diterapkan oleh Indonesia bersama 13 negara yang tergabung dalam kegiatan ini. Konsep total diplomasi ini merupakan negosiasi menyangkut banyak aspek, bukan hanya membangun kedekatan pada bidang-bidang yang bersifat politis, tetapi juga dalam peningkatan investasi, perdagangan, kesempatan kerja, pariwisata, dan semua sektor yang dibutuhkan untuk membangun Indonesia

"Komisi I DPR RI memiliki komitmen kuat untuk terus memberikan suport dengan kegiatan Super Garuda Shield (SGS) ini," ujarnya. Helmy menuturkan, kegiatan ini diproyeksikan akan membuat wajah indah Indonesia dimata dunia, tidak dilihat karena alutsistanya, karena tidak semua nilai bisa diukur dengan uang.

Tetapi dunia harus melihat kegiatan ini, tentang persahabatannya. Ini merupakan nilai dan prinsip diplomasi modern yang sangat penting untuk terus digalakkan.

Lebih dari itu, secara keseluruhan kegiatan ini dalam bahasa yang lebih tajam dapat disebut sebagai super diplomasi. "Sebab, kegiatan ini dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade, serta menciptakan komunikasi antarpersonel negara peserta latihan dalam suatu operasi," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)