Profil Johnny G Plate, Menteri Kominfo yang Blokir Steam dan Paypal

Rabu, 03 Agustus 2022 - 14:51 WIB
loading...
Profil Johnny G Plate, Menteri Kominfo yang Blokir Steam dan Paypal
Profil Menteri Kominfo Johnny G Plate ramai dibicarakan pasca memblokir beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang tidak mendaftarkan dirinya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil Menteri Kominfo Johnny G Plate ramai dibicarakan pasca memblokir beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang tidak mendaftarkan dirinya. Johny G Plate mejabat Menkominfo sejak Oktober 2019 lalu dalam Kabinet Indonesia Maju.

Johnny G Plate lahir pada 10 September 1956 di Nusa Tenggara Timur (NTT). Suami dari Maria Ana ini sempat menempuh pendidikan di SDN REO I dan lulus pada tahun 1969, yang kemudian dilanjutkan ke SMP ST Pius XII Kisol Manggarai pada 1968.

Baca juga : Setahun Tambah Rp1,2 Miliar, Intip Harta Kekayaan Menkominfo Johnny G Plate

Kemudian Johny G Plate melanjutkan pendidikannya di SMAN 1 Ruteng Manggarai pada 1971 dan kemudian memilih bersekolah di perguruan tinggi di Taruna Akademi Ilmu Pelayaran RI (AIP).

Dilansir dari laman resmi Kominfo, lulusan Universitas Atma Jaya Jakarta ini terjun sebagai wirausahawan yang menjalankan bisnisnya di bidang alat perkebunan pada 1980-an. Saat itu sedang marak pembukaan perkebunan di Kalimantan dan Papua.

Johny G Plate memperluas bisnisnya ke dunia transportasi penerbangan. Bahkan sempat menjadi bagian dari maskapai penerbangan Air Asia sebagai Komisaris PT Air Asia.

Karena sukses di dunia usaha membuatnya tertarik untuk terjun ke dunia politik. Karirnya di dunia politik diawali dengan masuk ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia pada 2013 lalu. Hingga pada akhirnya dia diangkat menjadi ketua.

Baca juga : Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital Tepat Guna

Johnny akhirnya memutuskan untuk pindah ke Partai NasDem yang kemudian terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019 mewakili daerah Nusa Tenggara Timur.

Selain memiliki banyak pengalaman, Menteri Kominfo ini juga dikenal dengan hartanya yang melimpah. Diketahui harta dari Johnny diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar pada 2021.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1612 seconds (10.55#12.26)