Kiswah Resmi Diganti, Ini Wajah Baru Kakbah

Sabtu, 30 Juli 2022 - 16:50 WIB
loading...
A A A
"Tahun ini, penggantian Kiswah dilakukan 1 Muharram 1444 H atas perintah Raja Salman," ujarnya.

Proses Penggantian Kiswah Kakbah

Truk pengangkut yang berisi kiswah Kakbah tiba di Masjidil Haram pada Jumat malam dan kemudian dibawa masuk oleh petugas maupun pengurus Masjidil Haram. Penjagaan ketat juga dilakukan oleh Askar agar proses penggantian kiswah berjalan lancar.

Kemudian, para pekerja yang menaiki tangga hidrolik naik ke area atas Kakbah untuk melepas tali pengikat kiswah yang lama di empat sisi Kakbah.

Ada sekitar puluhan pekerja yang berjibaku dalam proses penggantian kiswah Kakbah. Para petugas ini memakai topi berwarna putih dan juga ada yang memakai gamis putih dibalut rompi berwarna hitam.

Proses penggantian kiswah Kakbah dilakukan per sisi Kakbah yang mempunyai empat sisi. Kemudian kiswah baru dinaikkan dengan cara menarik tali yang diikat di beberapa titik kiswah ke atas.

Setelah kiswah baru ditarik ke atas dan diikat, kiswah lama dilepas talinya dari atas kemudian digulung oleh petugas di bawah untuk dibawa menggunakan truk yang sama.

Setelah proses itu setelah, kiswah baru diikat hingga dikencangkan per sisi hingga menutupi seluruh Kakbah. Hal ini yang memakan waktu cukup lama.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)