Airlangga Bertemu Petinggi LDP, Golkar & Partai Berkuasa di Jepang Kian Mesra

Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:00 WIB
loading...
Airlangga Bertemu Petinggi LDP, Golkar & Partai Berkuasa di Jepang Kian Mesra
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP). FOTO/MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto baru saja melakukan kunjungan ke Jepang . Airlangga yang antara lain didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan berbagai pertemuan, tidak hanya dengan tokoh-tokoh ekonomi, akan tetapi juga politik.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP), di antaranya, Fumio Kishida, Taro Kono, dan Tatsuo Fukuda.

Fumio Kishida merupakan Chairman LDP sekaligus Perdana Menteri Jepang saat ini, yang menggantikan Yoshihide Suga. Kishida terpilih sebagai pemimpin tertinggi LDP setelah mengungguli Taro Kono.

Airlangga Bertemu Petinggi LDP, Golkar & Partai Berkuasa di Jepang Kian Mesra


Dalam kesempatan ini, Airlangga mendampingi Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, pertemuan antara Airlangga dan Fumio Fukuda membahas hubungan antara LDP dengan Partai Golkar.

Golkar selama ini memiliki kedekatan khusus dengan LDP, Partai yang secara turun-temurun dikuasai oleh keluarga dari para politisi ternama di Jepang.

Pasca Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, LDP terus memimpin pemerintahan Jepang melalui PM Fumio Kishida. Golkar saat ini juga berada di pemerintahan.

Pertemuan antara Airlangga dan Fumio Fukuda berlangsung akrab. Di samping karena pertemanan, baik keduanya secara pribadi, tentunya juga dipengaruhi faktor kepartaian dan hubungan antarpemerintah.

Sejumlah kesepakatan juga dicapai dalam pertemuan dengan Tatsuo Fukuda, pemimpin LDP yang juga anggota parlemen. Tatsuo, yang kakek serta ayahnya mantan PM yakni Takeo Fukuda dan Yasuo Fukuda, bertemu Airlangga dengan didampingi dua pembantu utamanya, Arata Takebe dan Shimono Rokuta, dari Kementerian Agriculture, Forestry and Fisheries.

Airlangga juga bertemu dengan Taro Kono, salah satu tokoh senior LDP yang pernah memegang tiga posisi menteri dan kandidat PM. Kono pernah menjadi menlu, menteri pertahanan, dan terakhir menteri urusan vaksin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)