Perkuat Politik Luar Negeri, Jokowi Dinilai Berhasil Jaga Stabilitas Ekonomi Indonesia

Kamis, 28 Juli 2022 - 22:03 WIB
loading...
Perkuat Politik Luar Negeri, Jokowi Dinilai Berhasil Jaga Stabilitas Ekonomi Indonesia
Perkuat Politik Luar Negeri, Jokowi Dinilai Berhasil Jaga Stabilitas Ekonomi Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Di tengah ancaman resesi ekonomi yang menghantui sejumlah negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu menjaga stabilitas ekonomi Indonesia sehingga terhindar dari potensi tersebut.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, menyebut setidaknya ada 20 negara di dunia berpotensi mengalami resesi ekonomi. Sementara Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi memiliki daya tahan yang cukup kuat hingga mampu terhindar dari resesi.

“Sekarang ada 20 negara yang terancam krisis pangan hingga kemungkinan resesi. Sedangkan Indonesia memiliki daya tahan sehingga tidak masuk dalam negara yang berpotensi resesi,” kata Pangi.



Meski demikian, dia juga mengingatkan agar bangsa Indonesia tidak lengah, mengingat pertarungan dunia global saat ini relatif tidak stabil sehingga bisa memunculkan potensi yang tak terduga.



Berbagai langkah dan kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dinilainya sebagai upaya jitu dalam menjaga eksistensi Indonesia sehingga mampu terhindar dari potensi resesi ekonomi.

Menurutnya kunjungan Jokowi ke berbagai negara eropa dan sekarang ke negara-negara Asia Timur bisa memperkuat posisi Indonesia. Terkhusus untuk menekan konflik dan menjauh negara-negara berkembang dari resesi. “Kita ini diperhitungkan sebagai negara besar di dunia, negara yang pertumbuhan (ekonominya) stabil,” tukas Pangi.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)