Waketum MUI Kiai Marsudi Syuhud Direkomendasikan Dampingi Ganjar Pranowo di 2024

Kamis, 28 Juli 2022 - 21:12 WIB
loading...
Waketum MUI Kiai Marsudi Syuhud Direkomendasikan Dampingi Ganjar Pranowo di 2024
Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud menjadi salah satu nama yang direkomendasikan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Dulur Ganjar Pranowo (DGP) mengeluarkan sejumlah nama yang direkomendasikan sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 . Beberapa nama itu adalah Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Marsudi Syuhud, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hingga putri Presiden ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid.

Selain ketiga nama itu, Relawan DGP juga merekomendasikan tokoh-tokoh potensial lainnya. Antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Ketua Umum Relawan DGP, Raden Zico Suroto menjelaskan, KH Marsudi Syuhud termasuk yang direkomendasikan karena selain Waketum MUI juga merupakan penasihat organisasinya. "Beliau penasihat kami, jadi kami rekomendasikan jadi wapres untuk Ganjar Pranowo," kata Zico Suroto, Kamis (28/7/2022).



Menurutnya, bersama Kiai Marsudi relawan DGP juga melakukan banyak kegiatan sosial. Salah satunya memberikan beasiswa pendidikan untuk masyarakat. "Tokoh NU, menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI Kiai Marsudi banyak berjasa terhadap pendidikan, ekonomi, dan sosial masyarakat," ujarnya.

KH Marsudi Syuhud merupakan tokoh kelahiran Kebumen, 7 Februari 1964, tepatnya di Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Putra pasangan H Suhudi dan Hj Sairah ini sudah belajar kitab-kitab klasik seperti Jurumiyah dan Imrity sejak sekolah diniyah di kampungnya. Setelah itu dirinya meneruskan pendidikan ke Pesantren Raudlatul Mubtadiin di Jatisari, Jenggawah, Jember berguru pada KH Abu Hamid. Kiai Marsudi Syuhud juga belajar di Pondok Pesantren Al-Ihya' Ulumiddin Kasugihan, Cilacap, asuhan KH Mustholih Badawi sekaligus menamatkan pendidikan MTS dan MA.

Tak hanya belajar di pondok, Kiai Marsudi juga mengeyam pendidikan tinggi. Ia kuliah S1 Jurusan Sarjana Sastra Inggris STKIP PGRI Institut dan meneruskan S2 Manajemen Pemasaran di Universitas Tarumanegara, serta S3 di bidang Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Trisakti.

Baca juga: Gelar Istighosah dan Doa Bersama, Ratusan Ulama Sepakat Dukung Ganjar Presiden 2024

Kiai Marsudin Syuhud pernah menjabat sebagai Sekjen PBNU priode 2009-2014 dan Ketua PBNU periode 2014-2020. Saat ini, selain menjabat Wakil Ketua MUI periode 2020-2025, Kiai Marsudi juga menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Darul Uchwah.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)