Moeldoko: Hari Anak Nasional Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045

Sabtu, 23 Juli 2022 - 18:43 WIB
loading...
Moeldoko: Hari Anak Nasional Momentum Wujudkan Generasi Emas 2045
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 harus menjadi momentum untuk mewujudkan generasi emas 2045. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 harus menjadi momentum untuk mewujudkan generasi emas 2045.

Moeldoko menyebut, generasi emas diharapkan menjadi generasi unggul, bermartabat, mampu menguasai, memanfaatkan perkembangan sains dan teknologi, serta memiliki karakter nilai-nilai ideologi Pancasila dan nasionalisme.

"Tugas kita mewujudkan generasi emas di tengah pandemi Covid-19 dan tantangan peradaban baru belum selesai. Hari anak harus jadi momentum untuk saling memperkuat komitmen, sinergi, dan kolaborasi wujudkan generasi emas 2045," ujar Moeldoko, Sabtu (23/7/2022).

Baca juga: Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional, Jokowi Bermain Sulap di Depan Anak-anak

Menurutnya, mewujudkan generasi emas dibangun dengan sistem perlindungan dan pemenuhan hak Anak sejak dalam kandungan. Untuk itu, ujar dia, pemerintah telah merancang road map untuk melahirkan generasi-generasi unggul melalui berbagai program dan kebijakan.

Baca juga: Peringati Hari Anak Nasional, Wapres: Di Tangan Kalian Masa Depan Indonesia Tercinta Ditentukan

Moeldoko mencontohkan, program Manajemen Talenta Nasional, Inpres Jaminan Persalinan (Jampersal), Perpres percepatan penurunan stunting, Perpres penanggulangan tuberkulosis, hingga Perpres penanganan kekerasan pada anak.

"Itu semua wujud nyata keseriusan Presiden Jokowi dalam menciptakan generasi unggul," jelasnya.

Moeldoko juga memastikan, melalui Peraturan Pemerintah No 78/2021, negara juga hadir untuk anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Seperti anak berhadapan dengan hukum, menjadi korban jaringan terorisme, korban kekerasan dan kejahatan seksual, dan menjadi korban dalam situasi darurat atau bencana

Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 menyampaikan apresiasi kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, yang telah bekerja keras menurunkan stunting, kekerasan, perkawinan usia anak, dan penurunan pekerja anak.

"Termasuk capaian vaksin anak yang juga sangat luar biasa. KSP mengapresiasi kerja keras semua stakeholder yang terlibat. Tantangan kita masih besar untuk mempersiapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul. Untuk itu, mari kita pastikan anak Indonesia terlindungi. Selamat Hari Anak Nasional 2022," kata Moeldoko.

(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1532 seconds (11.97#12.26)