PMI, Sejarahnya Dimulai Sebelum Perang Dunia ke II

Jum'at, 22 Juli 2022 - 16:04 WIB
loading...
PMI, Sejarahnya Dimulai Sebelum Perang Dunia ke II
PMI atau Palang Merah Indonesia memiliki kiprah positif yang tidak lagi diragukan dalam bidang kemanusiaan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - PMI atau Palang Merah Indonesia memiliki kiprah positif yang tidak lagi diragukan dalam bidang kemanusiaan . Menilik sejarahnya, organisasi nasional rupanya telah dimulai sebelum Perang Dunia ke-II .

Dilansir dari pmi kota semarang, tepatnya Pada 21 Oktober 1873 PMI didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda bernama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai) yang dibubarkan pada saat Jepang berkuasa.

Baca juga : PMI Selalu Hadir Saat Rakyat Membutuhkan

Semangat untuk membentuk PMI muncul pada tahun 1932 datang dari Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan. Rencana mereka mendapat banyak dukungan terutama dari kaum terpelajar Indonesia.

Rancangan yang mereka bentuk kemudian dibawa ke Konferensi Nerkai pada tahun 1940 namun sayangnya mendapat penolakan kala itu. Sehingga rencana pembentukan PMI ini disimpan dan menunggu waktu yang tepat untuk kembali mengusulkannya.

Pembentukan Badan Palang Merah Nasional ini kembali dicoba saat dikuasainya Indonesia oleh Jepang. Sayangnya rencana tersebut kembali gagal setelah dihalangi oleh Pemerintah Pasukan Jepang kala itu.

Akhirnya pada 13 September 1945, tepat tujuh belas hari setelah proklamasi kemerdekaan, Presiden Soekarno memberikan perintah untuk membentuk Palang Merah Nasional.

Atas perintah orang nomor satu di Indonesia saat itu, Dr. Buntaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I, pada tanggal 5 September 1945 membentuk Panitia 5 yang terdiri dari: dr R. Mochtar (Ketua), dr. Bahder Djohan (Penulis), dan dr Djuhana; dr Marzuki; dr. Sitanala (anggota).

Penghimpunan Palang Merah Indonesia akhirnya berhasil dibentuk pada tanggal 17 September 1945 dengan ketuanya adalah Drs. Mohammad Hatta. Tidak lama berselang, pemerintahan Belanda membubarkan NERKAI dan menyerahkan asetnya ke PMI pada tanggal 16 Januari 1950 diwakili oleh dr. B. Van Trich dari NERKAI dan dr. Bahder Djohan dari PMI.

Baca juga : Stok Menipis, PMI Ajak Masyarakat Donor Darah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2903 seconds (0.1#10.140)