Pilpres 2024, Prabowo Diyakini Jadi Sumbu Utama Penentu Arah Koalisi Parpol

Selasa, 19 Juli 2022 - 14:00 WIB
loading...
A A A
"Yang menjawab Prabowo sebanyak 13,75%; sedikit di bawah Joko Widodo 14,17%. Sementara di posisi selanjutnya pejabat 6,67%; Anies Baswedan 5,83%; dan Ganjar Pranowo 3,33%," kata Abdul Hakim.

Melihat hasil survei tersebut, kata Abdul Hakim, maka Prabowo kemungkinan menjadi sumbu utama penentu arah koalisi parpol. Sebab, PDI Perjuangan tidak terlalu memusingkan masalah koalisi karena sudah bisa mengirim satu paket Capres/Cawapres tanpa harus bekerja sama dengan parpol lain. Sementara di luar PDIP, delapan parpol berkursi di DPR akan sangat berkepentingan untuk mengadakan kerja sama dalam mengusung Capres/Cawapres.

"Di sinilah titik poin analisis bahwa peta koalisi parpol, salah satunya akan bertumpu pada Partai Gerindra dan Prabowo Subianto. Partai Gerindra yang hanya butuh satu teman koalisi untuk bisa mendapatkan boarding pass Capres/Cawapres, akan sangat mempengaruhi bentuk koalisi yang akan terjadi," katanya.

Apakah Partai Gerindra hanya cukup puas dengan 1 teman koalisi atau mencari lebih banyak teman? Menurut Abdul Hakim, situasinya akan sangat berdampak pada konstelasi koalisi yang akan terbentuk ke depan.

"Satu-satunya kendala yang ada di Prabowo Subianto saat ini adalah yang bersangkutan belum mengungkapkan diri apakah akan maju sebagai Capres atau tidak pada pemilu mendatang," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)