Jadi Magnet Elektoral Luar Biasa, Survei: Siapa Pun Wapresnya, Prabowo Menang Pilpres!

Senin, 18 Juli 2022 - 13:52 WIB
loading...
Jadi Magnet Elektoral Luar Biasa, Survei: Siapa Pun Wapresnya, Prabowo Menang Pilpres!
Survei LANSKAP di Jawa Tengah dan Jawa Timur menunjukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan memenangkan Pilpres meski dipasangkan dengan siapa pun. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Siapa pun pasangannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto , bakal memenangkan kontestasi pemilihan presiden ( Pilpres ) jika pesta demokrasi itu dilaksanakan hari ini. Demikian hasil survei yang dilakukan Lembaga Analisis Ekonomi Politik dan Kebijakan Publik (LANSKAP) di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

"Prabowo dipasangkan dengan siapa pun, akan memenangkan Pilpres. Karena beliau punya magnet elektoral luar biasa, dan sikapnya seorang negarawan patriotik, juga disukai pendukung Jokowi di Jateng dan Jatim," ujar Direktur Eksekutif Lanskap Mochammad Thoha, Senin (18/7/2022).

Untuk diketahui, survei LANSKAP membuat simulasi pasangan tiga kandidat capres-cawapres yang bersaing. Hasilnya, survei di Jateng menunjukkan Prabowo dipasangkan dengan kandidat mana pun sebagai cawapresnya akan selalu keluar sebagai pemenang.



"Sementara untuk pasangan Prabowo terkuat adalah Ganjar di mana perolehan elektabilitasnya berada di atas 60% (tepatnya 65,1%). Pasangan terkuat kedua masih dari calon dari PDIP yaitu Puan Maharani dengan perolehan persentase diatas 50% (tepatnya 58,8%) dukungan," ujar Thoha.

Demikian juga di Jatim bahwa pasangan Prabowo-Puan, Prabowo-Ganjar, dan Prabowo-Khofifah akan keluar sebagai pemenang dalam satu putaran saja. Meskipun elektabilitas Puan terbilang rendah namun ketika dipasangkan dengan Prabowo pasangan ini kuat dan keluar sebagai pemenang kompetisi pilpres.

"Hal itu tak lepas dari sosok pribadi Prabowo yang memiliki magnet elektoral tinggi dan memang banyak disukai oleh pendukung Jokowi dan Maruf di dua provinsi itu," tuturnya.

Soal elektabilitas personal, secara umum sentimen publik pada 23 tokoh nasional dan lokal yang digadang-gadang menjadi capres, Jateng masih menjadi basis dukungan terbesarnya Ganjar, namun telah terkikis oleh Prabowo dan calon lainnya. Prabowo memberikan kejutan memeroleh elektabilitas 20,5% di Jateng.

Baca juga: Piala Prabowo Subianto, PSLS Lhokseumawe Taklukkan Bogor Junior Academy 3-1!

Sementara itu, Anies berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 12,1%, posisi keempat ditempati oleh Puan dengan persentase 10,2% dan kelima oleh Tri Rismaharini 3,6%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)