Tangis Haru Seorang Petani di Mabes AD, Saksikan Sang Anak Menjadi Perwira TNI

Kamis, 14 Juli 2022 - 14:03 WIB
loading...
Tangis Haru Seorang Petani di Mabes AD, Saksikan Sang Anak Menjadi Perwira TNI
Mahmud merasa bangga dan terharu atas pencapaian anakanya, Letda Akhmad Athiq, satu dari 292 perwira TNI-Polri yang hari ini dilantik. Foto: MNC/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Mahmud, lelaki berusia 61 tahun itu tak kuat membendung air mata ketika menyaksikan anaknya kini menjadi perwira TNI . Dia teringat perjuangan keras sang anak mengejar cita-cita menjadi tentara setelah sempat gagal sebelumnya.

Mahmud adalah ayah Letda Akhmad Athiq. Didampingi sang istri, Mahmud menceritakan perjalanan anaknya menjadi seorang perwira TNI.

"Dua kali terjatuh. Dulu pada tes psikologi, kemudian sama ibunya dikursuskan di Magelang. Pada saat itu ditempuh sehari kursus psikologi. Alhamdulillah pada pendaftaran berikut diberikan rahmat sama Tuhan yang maha kuasa lulus dengan nilai yang gemilang," kata Mahmud, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Harapan Jokowi untuk Perwira Baru TNI-Polri: Jadilah Terdepan Hadapi Tantangan Zaman

Rasa senang dan bangga Mahmud seakan tak bisa digambarkan. Sambil sesekali mengusap air mata, Mahmud masih merasa tak percaya dengan apa yang terjadi padanya. Seorang warga negara biasa, orang sipil seperti dirinya bisa mengantarkan putranya menjadi perwira TNI. Dia hanya terus memanjatkan syukur seraya menyampaikan rasa bangga atas pencapaian sang anak.

"Saya jual rumput, jual es. Saya cuma warga sipil, bukan dari kalangan militer. Saya dagang rumput, saya setor di itu peternakan ibu Tin Suharto di salatiga itu. Bertahan sampe 4 tahun, dengan untung saya dari bada subuh solat itu sampe sore hari itu Rp10 ribu," ucapnya dengan nada suara bergetar tertahan.

Semua pekerjaan sudah dijalaninya. Tapi saat ini, kata Mahmud, dia adalah petani yang sehari-hari berteman dengan sawah. "Sekarang di rumah sambil tani di kebun, di sawah gitu," katanya.



Sang anak yang kini berpangkat letnan dua pun merasa bangga atas jerih payah orang tuanya. Akhmad sangat berterima kasih atas semua yang telah diberikan ibu bapaknya, hingga bisa mengantarkannya menggapai cita-cita.

"Untuk orang tua saya, terutama bapak, dan ibu saya terima kasih, karena saya sendiri tahu jerih payah dari orang tua saya. Dari yang awalnya tidak punya apa-apa. Saya meyakini bahwa bapak dan juga ibu saya kerja kerasnya mulai dari jual rumput tadi, jual es, dan lain sebagainya, sangat berterima kasih," ucap Akhmad.

Dari orang tuanya, kata Akhmad, ia terbiasa dengan hal-hal kecil, yang saat ini ia terapkan juga di taruna. "Dibiasakan hal-hal kecil, saya menerapkannya di taruna, sehingga alhamdulillah saya dapat finish di posisi yang cukup memuaskan di akademi militer ini," ucapnya.

Letda Akhmad merupakan satu dari 292 perwira remaja yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (14/7/2022) hari ini. Usai pelantikan, ratusan perwira langsung diterima Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman di Markas Besar TNI Angkatan Darat.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2300 seconds (10.55#12.26)