Kemendagri dan BNPP Salurkan 9.944 Paket Daging Kurban ke Mustahik

Senin, 11 Juli 2022 - 22:40 WIB
loading...
Kemendagri dan BNPP Salurkan 9.944 Paket Daging Kurban ke Mustahik
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro menyalurkan daging kurban kepada para mustahik di Plaza Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyalurkan daging kurban kepada perwakilan para mustahik. Penyaluran secara simbolis dilakukan oleh Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro di Plaza Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri.

Hadir dalam acara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Idul Adha Tahun 1443 Hijriah di Lingkungan Kemendagri dan BNPP. Adapaun perwakilan mustahik terdiri dari pegawai golongan I, golongan II, tenaga keamanan, tenaga kebersihan, pramusaji, satuan kerja komponen Kemendagri, dan masyarakat di sekitar Kemendagri. Daging kurban juga diberikan kepada yayasan yang berhak dan para yatim piatu.

Suhajar menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya yang telah ikhlas menjalankan ibadah kurban. Tahun ini jumlah hewan yang dikurbankan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Dirinya berharap, kualitas ibadah kurban yang dijalankan oleh Kemendagri dan BNPP dapat semakin meningkat serta memberikan banyak manfaat.



"Oleh karena itu, saya ingin menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan juga kawan-kawan yang telah mengoordinirnya, karena ibadah kurban ini diwajibkan bagi yang mampu, syarat-syaratnya kita sudah paham semua," kata Suhajar.

Dalam laporannya Agus Fatoni menjelaskan, total hewan kurban yang terhimpun sebanyak 235 ekor, dengan rincian 92 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 142 ekor kambing. Dari jumlah itu, kemudian di bagi ke dalam 9.944 paket atau bungkus. Jumlah itu terdiri dari 8.150 bungkus daging sapi, 90 bungkus daging kerbau, dan 1.704 bungkus daging kambing.

Hewan kurban tahun ini dibagikan kepada para mustahik dengan 3 skema penyembelihan. Pertama, melalui panitia penyelenggara di Rumah Potong Hewan (RPH) Sumber Rejeki Pondok Rangon. Kedua, penyembelihan yang dilakukan oleh masing-masing internal komponen Kemendagri. Ketiga, penyembelihan yang dilakukan secara mandiri.

"Bahwasanya hewan kurban yang disembelih di lingkungan Kemendagri dan BNPP dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)