Serma Rama Tewas Disergap dan Dirampok Milisi Uganda di Kongo

Jum'at, 26 Juni 2020 - 15:09 WIB
loading...
Serma Rama Tewas Disergap dan Dirampok Milisi Uganda di Kongo
Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen Victor Hasudungan Simatupang dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (26/5/2020)
A A A
JAKARTA - Almarhum Serma Rama Wahyudi tewas tertembak saat bertugas di Kongo dalam bagian pasukan perdamaian PBB. Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen Victor Hasudungan Simatupang mengungkapkan kronologinya.

Penembakan Serma Rama yang tergabung dalam satgas Kizi TNI Konga XX-O/Monusco terjadi pada 22 Juni 2020 sore. Pagi harinya, pukul 08.10 waktu setempat Sersan Mayor Rama Wahyudi sebagai dantim melaksanakan tugas pergeseran pasukan dan dukungan logistik wilayah halulu.

ā€¯Perjalanan lebih kueang memakan waktu 3 jam, mereka sampai di tempat dalam kedadaan aman," ujar Victor dalam jumpa pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (26/5/2020).

(Baca: Prajurit TNI Gugur di Kongo, DPR Desak Kemlu Investigasi)

Dia mengungkapkan, anggota TNI yang mendukung tugas tersebut berjumlah 12 orang dan didukung dari Malawi sebanyak dua orang. Serma Rama bersama tim sampai ke Halulu sekitar pukul 13.00 untuk melakukan perbaikan-perbaikan.

Sekitar pukul 16.00 kurang, mereka berangkat kembali ke Mavivi. Nah, dalam perjalanan itulah pasukan diganggu milisi Uganda.

"On the way ke Mavivi lebih kurang pukul 15.45 mereka ditembus oleh milisi dari Uganda yang masuk ke wilayah Kongo," jelasnya.

Anggota tim pun diserang yang mengakibatkan Serma Rama mengalami luka tembak di dada dan perut. Kemudian anggota tim pada saat penembakan itu semuanya melarikan diri, turun dari kendaraan turun dan berlindung ke roda truk.

"Mereka merayap ke belalang menuju APC pengawal bersama-sama dengan dua personel tentara Malawi," ungkapnya.

(Baca: Dansatgas Kizi TNI Konga: Serma Rama Wahyudi Gugur Akibat Tertembak)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)