AHY Berpeluang Jadi Cawapres di KIB, Golkar: Tunggu Demokratnya Gabung Koalisi

Senin, 11 Juli 2022 - 07:57 WIB
loading...
AHY Berpeluang Jadi Cawapres di KIB, Golkar: Tunggu Demokratnya Gabung Koalisi
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PAN, dan PPP, menyambut baik jika Partai Demokrat masuk dalam koalisi. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi, DPP Golkar, Nurul Arifin

Pandangan ini disampaikan Nurul, menyikapi wacana koalisi berdua saja yang diusulkan oleh elite Partai Demokrat, Syahrial Nasution, yang merayu Golkar agar mau membangun koalisi baru untuk Pemilu 2024.

"Kalau soal pembicaraan yang lain semuanya diserahkan kepada kesepakatan di koalisi tersebut. Itu keputusan bersama, kan kita sifatnya equals kolegial dan setara. Jadi dalam mengambil keputusan demikian," kata Nurul Arifin, Minggu (10/7/2022).



Sementara itu, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menyambut baik apabila Partai Demokrat mau bergabung dengan KIB.

"Setiap (parpol) yang ingin bergabung dengan KIB kita sambut baik. Jika ada parpol lain yang bergabung dan kemudian duduk bersama-sama untuk terlebih dahulu membicarakan platform bersama koalisi ke depan, tentu akan menyambutnya dengan terbuka," ucap Arsul Sani.

Namun demikian KIB sendiri kata Arsul Sani, belum akan terburu-buru bicara soal paslon Capres-Cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Ini memberikan kesempatan kepada parpol-parpol lainnya termasuk Partai Demokrat untuk bisa terlibat nantinya dalam penentuan paslon setelah soal platform dimaksud bisa diselesaikan," jelas Arsul Sani.

Menambahkan secara terpisah, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, AHY berpeluang sama dengan ketum lainnya untuk diusung menjadi kandidat capres-cawapres jika nantinya bergabung ke KIB.

Di KIB pemutusan soal capres-cawapres yang akan diajukan akan dilakukan secara transparan, objektif, rasional, dan terukur dalam penentuan paslon. Hal tersebut diukur dari popularitas, kesukaan, elektabilitas, dan faktor-faktor penunjang lainnya

"Karena seluruh ketua umum partai politik di KIB memiliki peluang yang sama untuk maju di Pilpres," kata Viva.

Meskipun demikian, Viva mengungkapkan selain kader internal, KIB juga dapat mengusung sosok eksternal untuk dimajukan sebagai kandidat capres-cawapres.

"Memang kita mengutamakan dari internal. Namun kami juga tidak menutup mata figur eksternal yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa," tutup Viva.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3321 seconds (0.1#10.140)