Rachmat Gobel Sampaikan Dukacita Mendalam atas Meninggalnya Shinzo Abe

Sabtu, 09 Juli 2022 - 08:21 WIB
loading...
Rachmat Gobel Sampaikan Dukacita Mendalam atas Meninggalnya Shinzo Abe
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe . Shinzo Abe ditembak orang saat berpidato dalam kampanye di Kota Nara pada Jumat (8/7/2022).

"Kami atas nama pribadi, atas nama Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang, dan atas nama Persatuan Alumni dari Jepang menyampaikan rasa dukacita yang sangat mendalam atas wafatnya Shinzo Abe," kata Rachmat Gobel dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/7/2022). Ucapan dukacita itu disampaikan langsung melalui telepon ke Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji.

Gobel memiliki hubungan yang erat dengan Jepang. Ia bersekolah di sana. Almarhum ayahnya memiliki kerja sama bisnis dengan perusahaan Jepang, yang kini diteruskan oleh dirinya. Gobel juga menjadi Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang (PPIJ) dan Ketua Umum Persatuan Alumni dari Jepang (Persada). Gobel juga pernah menjadi utusan khusus pemerintah Indonesia untuk Jepang.

Baca juga: BREAKING NEWS: Shinzo Abe Dilaporkan Meninggal Dunia

"Shinzo Abe memiliki peran dan perhatian yang besar dalam mempererat hubungan Indonesia dan Jepang," katanya.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan Abe ke Indonesia saat menjadi perdana menteri untuk memastikan investasi Jepang dalam mendukung proyek-proyek strategis yang dilakukan pemerintah. Bahkan saat Abe mundur dari jabatan perdana menteri, Presiden Jokowi menuliskan tweet mengenang hubungan keduanya.

Jokowi menyatakan PM Abe adalah pemimpin dunia pertama yang ditemuinya. Mendapat tweet itu, Abe kemudian membalasnya melalui akun pribadinya. Namun ia menjawabnya dengan Bahasa Indonesia dengan mengucapkan terima kasih. "Ini menunjukkan eratnya hubungan kedua negara dan betapa hangatnya hubungan tersebut," kata Gobel.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)